Paus Mata-Mata Rusia Mati di Norwegia

Paus Mata-Mata Rusia Mati di Norwegia

Teknologi | sindonews | Senin, 2 September 2024 - 15:14
share

Seekor paus Beluga yang dicurigai menjadi mata-mata Rusia ditemukan mati di perairan Norwegia. Kecurigaan itu muncul dari penampakan tali pengikat di tubuh paus.

Dari pantauan sebuah LSM lingkungan hidup, paus berjuluk Hvaldimir yang berasal dari kata Norwegia untuk paus, hval, dan hubungannya yang diduga dengan Moskow. Paus beluga ini pertama kali muncul di lepas pantai wilayah Finnmark paling utara Norwegia pada 2019.

Pada saat itu, ahli biologi kelautan Norwegia mengambil tali pengikat yang terpasang dengan dudukan kamera bertuliskan "Peralatan St. Petersburg" yang dicetak pada pengait plastik.

Pejabat Norwegia menganalisa paus Hvaldimir mungkin melarikan diri dari kandang dan mungkin telah dilatih oleh angkatan laut Rusia karena dia tampak terbiasa dengan manusia.

Baca Juga:Bagaimana Kapal Mata-mata Rusia Tahu Uji Rudal AS?

Pihak Moskow tidak pernah mengeluarkan reaksi resmi apapun terhadap spekulasi bahwa paus bisa menjadi mata-mata Rusia.

Pada Sabtu lalu (31/8/2024) tubuh paus beluga yang tak bernyawa ditemukan di lepas pantai barat daya di Risavika oleh Marine Mind, sebuah organisasi yang telah melacak pergerakannya selama bertahun-tahun.

"Saya menemukan Hvaldi mati ketika saya sedang mencari dia kemarin seperti biasa," kata pendiri Marine Mind, Sebastian Strand kepada AFP dilansir Senin (2/9/2024).

"Kami memiliki konfirmasi bahwa dia masih hidup sedikit lebih dari 24 jam sebelum menemukannya mengambang tanpa gerak," tambahnya.

Fredrik Skarbovik, koordinator maritim di pelabuhan Stavanger, mengonfirmasi kematian beluga kepada tabloid VG.

Baca Juga: Rusia Kerahkan Lumba-lumba Serang Ukraina dari Laut

Strand mengatakan penyebab kematian paus itu tidak diketahui dan tidak ada luka yang terlihat ditemukan selama pemeriksaan awal tubuh Hvaldimir.

"Kami berhasil mengambil sisa-sisanya dan memasukkannya ke dalam area yang didinginkan, sebagai persiapan untuk nekropsi oleh institut kedokteran hewan yang dapat membantu menentukan apa yang sebenarnya terjadi padanya," kata Strand.

Dengan perkiraan usia sekitar 14 atau 15 tahun, Hvaldimir relatif muda untuk seekor paus Beluga, yang dapat hidup hingga antara 40 dan 60 tahun.

Paus Beluga dapat mencapai ukuran enam meter dan umumnya cenderung mendiami perairan es di sekitar Greenland, Norwegia utara, dan Rusia. Area ini termasuk Laut Barents, sebuah area yang penting secara geopolitik terkait pergerakan kapal selam Barat dan Rusia dipantau.

Area ini juga menjadi pintu gerbang ke Rute Utara yang mempersingkat perjalanan maritim antara Samudra Atlantik dan Pasifik.

Topik Menarik