Meta Hentikan Pengembangan Headser Saingan Apple Vision Pro, Ini Alasannya

Meta Hentikan Pengembangan Headser Saingan Apple Vision Pro, Ini Alasannya

Teknologi | okezone | Minggu, 25 Agustus 2024 - 12:04
share

META diduga telah menghentikan pengembangan headset pesaing Apple Vision Pro, yang memiliki kode nama La Jolla. Pengembangannya dimulai pada November tahun lalu, dan seharusnya dirilis pada 2027.

Namun, kabar terbaru menyebut bahwa pengembangan perangkat itu telah dihentikan dan tak ada perilisannya pada 2027. Dilansir GSM Arena, alasan pembatalan proyek tersebut tampaknya berkaitan dengan fakta bahwa headset tersebut menggunakan layar MicroOLED yang membuatnya sangat mahal, jauh lebih mahal dari tujuan awal Meta untuk menjaga biaya di bawah USD1.000.

Apple Vision Pro seharga USD3.500 juga tidak terlalu populer, dan jika Apple bahkan tidak dapat membuat perangkat berharga mahal menjadi produk terlaris, maka itu mungkin merupakan indikasi bahwa tidak ada cukup pasar untuk headset kelas atas seperti itu untuk memuat dua produk yang bersaing.

Mengacu pada berita tentang pembatalan headset La Jolla, CTO Meta Andrew Bosworth mengatakan: "Kami memiliki banyak prototipe yang sedang dikembangkan setiap saat. Namun, kami tidak membawa semuanya ke tahap produksi. Kami melanjutkan dengan beberapa, kami melewatkan yang lain. Keputusan seperti ini terjadi sepanjang waktu, dan cerita berdasarkan obrolan tentang satu keputusan individu tidak akan pernah memberikan gambaran yang sebenarnya".

 

Meskipun headset kelas atas tersebut mungkin telah dibatalkan, Meta masih mengerjakan Quest yang lebih terjangkau, dengan nama kode Ventura, yang dapat dirilis sebelum akhir tahun ini. Meta juga diharapkan untuk memamerkan kacamata AR baru bulan depan, sementara Quest 4 akan hadir pada 2026.

Topik Menarik