Roket China Meledak, Muncul Awan Besar Mengelilingi Bumi

Roket China Meledak, Muncul Awan Besar Mengelilingi Bumi

Teknologi | sindonews | Sabtu, 10 Agustus 2024 - 19:00
share

Sebuah roket China meledak hingga memunculkan fenomena awan puing besar berputar mengelilingi Bumi. Peristiwa itu terjadi pada Selasa (6/8/2024) setelah roket Long March 6A China meluncurkan 18 satelit .

Awalnya, roket berada di orbit Bumi rendah (LEO) pada ketinggian sekitar 800 kilometer. Namun, tak lama kemudian, bagian atas roket tersebut hancur dan awan puing menyebar ke seluruh penjuru.

Komando Luar Angkasa Amerika Serikat (USSPACECOM) mengatakan puing-puing itu sekarang berpacu mengelilingi planet Bumi.

"USSPACECOM dapat mengkonfirmasi hancurnya roket Long March 6A yang diluncurkan pada 6 Agustus 2024, yang menghasilkan lebih dari 300 puing yang dapat dilacak di orbit Bumi rendah," kata juru bicara USSPACECOM dilansir Wionews.com, Sabtu (10/8/2024).

Beberapa potongan kecil kemungkinan juga bergerak di sekitar orbit. Namun, mereka menegaskan bahwa puing-puing itu tidak menimbulkan ancaman langsung.

"Kami tidak mengamati adanya ancaman langsung dan terus melakukan penilaian konjugasi rutin untuk mendukung keamanan dan keberlanjutan domain luar angkasa," tambah USSPACECOM.

Ke-18 satelit tersebut menjadi bagian dari rencana megakonstelasi lebih dari 14.000 satelit komunikasi orbit Bumi rendah (LEO) akan dikirim ke luar angkasa. Set satelit pertama ditujukan untuk jaringan pita lebar Qianfan alias misi Seribu Layar.

Slingshot Aerospace, sebuah perusahaan pelacakan ruang angkasa dan analisis data mencatat keberadaan puing-puing di sepanjang jalur orbit badan roket. Namun, mereka menyatakan bahwa puing-puing tersebut menjadi bahaya signifikan bagi konstelasi LEO di bawah ketinggian 800 kilometer.

Gambar gabungan dari pagar optik LEO Horus yang berfokus pada Slingshot menunjukkan serangkaian objek terang tak terduga yang bergerak di sepanjang jalur orbit yang sama dengan badan roket dan satelit G60 yang diluncurkannya, tulis Slingshot Aerospace dalam sebuah pernyataan.

Puing-puing luar angkasa pada ketinggian tersebut dapat terus melayang selama beberapa tahun, tergantung pada ukurannya. Situasi bisa menjadi menakutkan jika mereka menghantam pesawat ruang angkasa yang kemudian dapat menyebabkan lebih banyak puing bergerak dengan kecepatan 7,5 kilometer per detik, atau 27.000 km per jam.

Ini bukan pertama kalinya roket Long March 6A menyebarkan puing di luar angkasa. Pada November 2022, hancurnya tahap atas roket tersebut menciptakan ratusan puing. Ini terjadi setelah roket tersebut mengerahkan satelit cuaca Yunhai-3.

Orbital Debris Quarterly News milik NASA yang diterbitkan pada Maret 2023 mencatat sebanyak 533 puing dapat dilacak terbentuk pada Januari 2023. Setiap objek yang berdiameter setidaknya empat inci disebut sebagai puing yang dapat dilacak.

Topik Menarik