NASA Prediksi 2 Astronot Starliner Terdampar di ISS hingga 2025

NASA Prediksi 2 Astronot Starliner Terdampar di ISS hingga 2025

Teknologi | sindonews | Kamis, 8 Agustus 2024 - 20:49
share

NASA prediski 2 astronot yang terdampar di luar angkasa mungkin tidak dapat kembali ke Bumi hingga tahun 2025 karena masalah dengan kapsul Starliner baru Boeing.

Seperti dilansir dari DPA, Kamis (8/8/2024), kedua awak Starliner, astronot AS Barry Wilmore dan Sunita Williams, telah berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sejak Juni, meski awalnya hanya dijadwalkan berada di stasiun tersebut selama seminggu.

Setelah diluncurkan dari pusat luar angkasa Cape Canaveral di Florida, pesawat luar angkasa tersebut hanya dapat berlabuh dengan ISS pada upaya kedua karena masalah mesin.

Pesawat luar angkasa itu juga mengalami kebocoran helium. NASA mengatakan dua opsi untuk membawa astronot kembali ke Bumi sedang dibahas.

Opsi pertama melibatkan pasangan yang kembali dengan Starliner. Namun, pesawat luar angkasa tersebut perlu diperbaiki terlebih dahulu.

Opsi kedua adalah menunda dua dari empat astronot dari misi SpaceX Crew 9, yang dijadwalkan diluncurkan pada bulan September. Wilmore dan Williams kemudian dapat kembali ke Bumi bersama kru pada bulan Februari.

Keputusan akhir mengenai masalah ini akan diambil setelah NASA menyelesaikan tinjauan kesiapan peluncuran tingkat tertinggi.

Topik Menarik