Gunung Api Tanzania Punya Lava Teraneh di Bumi, Perlahan Tenggelam ke Dalam Tanah

Gunung Api Tanzania Punya Lava Teraneh di Bumi, Perlahan Tenggelam ke Dalam Tanah

Teknologi | sindonews | Selasa, 6 Agustus 2024 - 16:39
share

Gunung berapi Ol Doinyo Lengai di Tanzania terkenal dengan lava karbonatitnya yang sangat cair dan unik. Gunung tersebut mengalami penurunan ketinggian secara perlahan selama 10 tahun terakhir.

Penelitian terbaru menunjukkan penyebabnya adalah reservoir magma yang mengempis tepat di bawah salah satu dari dua kawah gunung berapi tersebut.

Bahkan, tanah di sekitar puncak gunung berapi Ol Doinyo Lengai, yang terletak di sepanjang zona retakan aktif di Afrika Timur, turun dengan kecepatan 1,4 inci (3,6 sentimeter) per tahun antara tahun 2013 dan 2023. Ini berarti gunung berapi setinggi 9.718 kaki (2.962 meter) ini menyusut sekitar 1,2 kaki (36 cm) dalam rentang waktu penelitian, yang diterbitkan pada 8 Juni di jurnal Geophysical Research Letters.

Satu-satunya Gunung yang Meletuskan Magma Karbonatit

Ol Doinyo Lengai adalah satu-satunya gunung berapi yang diketahui di Bumi yang secara aktif meletus magma karbonatit — magma yang sangat cair yang jenuh dengan unsur alkali, seperti kalsium dan natrium, dan miskin silika. Kebanyakan magma terestrial kaya akan silika, senyawa yang terbuat dari rantai silikon dan oksigen yang terikat yang mengikat batuan cair bersama-sama dan memberikannya konsistensi kental. Tetapi tidak seperti magma lainnya, yang beratnya antara 45 dan 70 silika, magma yang “memberi makan” Ol Doinyo Lengai mengandung kurang dari 25 silika berdasarkan berat, menurut Erik Klemetti, seorang ahli vulkanologi dan profesor di Denison University di Ohio.

“Lava karbonatit mengalami pelapukan yang berbeda dari lava silikat karena susunan kimianya,” tulis Klemetti.

Lava Hitam

Kalsium dan karbon dioksida dalam lava bergabung membentuk kalsit dan mineral karbonat lainnya, yang cepat rusak dengan adanya air atau kelembapan. Ini berarti bahwa meskipun lava berwarna hitam atau abu-abu tua saat meletus, lava akan cepat berubah menjadi putih setelah mengering.

Magma yang memberi makan Ol Doinyo Lengai sangat cair, secara teoritis seharusnya hanya menghasilkan letusan yang ditandai dengan aliran lava. Namun pada September 2007, gunung berapi tersebut, yang saat itu hanya memiliki satu kawah, tiba-tiba meledakkan kawah kedua sedalam lebih dari 330 kaki (100 m) di daerah utara puncak. Aktivitas eksplosif ini berlanjut hingga musim semi 2008, setelah itu gunung berapi kembali menghasilkan aliran lava.

Baca Juga: 8 Kali Erupsi, Gunung Ibu Luncurkan Abu Vulkanik 1.200 Meter

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kawah yang baru meledak mungkin surut, dan penelitian baru ini menegaskan bahwa lereng atas kawah ini telah tenggelam sejak 2013. Kemungkinan penyebab penurunan ini adalah reservoir magma yang mengempis yang terletak 3.300 kaki (1.000 m) di bawahgunungberapi.

Topik Menarik