7 Fakta Ilmiah tentang Air Zamzam, Obat Asam Urat dan Kolesterol

7 Fakta Ilmiah tentang Air Zamzam, Obat Asam Urat dan Kolesterol

Teknologi | sindonews | Senin, 3 Juni 2024 - 13:45
share

Air Zamzam yang bersumber di sekitar Kakbah dan telah ada sejak zaman Nabi Ismail dipercaya memiliki banyak khasiat kesehatan. Hal itu berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah SAW bersabda,"Sesungguhnya air zamzam itu diberkati, sesungguhnya ia adalah makanan yang bergizi.” (Shahih Muslim: 6513)

Dalam hadits lain juga disebutkan,"Air zamzam adalah sesuai dengan tujuan orang yang meminumnya.”

Keterangan dalam hadits di atas belakangan terbukti secara ilmiah. Hasil penelitian dari para ilmuwan dunia mengungkap sejumlah fakta menarik tentang air zamzam, sebagaimana dirangkum dari Life in Saudi Arabia, Senin (3/6/2024):

Baca Juga:Zamzam, Air Penghidupan Lintas Zaman

1. Bebas Patogen

Air Zamzam terbukti bebas dari partikel atau mikroorganisme pengotor seperti bakteri, virus, atau jamur. Dalam sebuah percobaan, beberapa sampel diambil, disentrifugasi, dan ditempatkan pada media agar pelat kultur tidak menunjukkan adanya koloni bakteri.

2. Menurunkan Asam Urat

Air Zamzam juga telah diamati dapat menurunkan kadar asam urat serum dalam darah. Sifat basa air mungkin menjadi faktor pendukung. Universitas Heidelberg melakukan percobaan di mana minum Zamzam menurunkan kadar asam urat dalam darah (p < 0,05). Ini dapat dieksplorasi sebagai agen terapeutik untuk asam urat.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Sebuah penelitian selama tiga bulan mengungkapkan bahwa air zamzam secara signifikan menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida tubuh.

4. Efek Penyembuhan Anti-Jamur

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Katsina di Nigeria, air zamzam menunjukkan sifat anti-jamur seperti yang ditunjukkan oleh obat anti-jamur.

5. Tidak Ada Pertumbuhan Mikroba

Sesuai dengan Jurnal Mikrobiologi Murni dan Terapan, tidak ada bukti pertumbuhan biologis dalam sampel air zamzam.

Baca Juga: Ilmuwan Ini Ungkap Rahasia Sumur Zamzam Tak Pernah Kering

6. Kaya Mineral

Air zamzam memiliki banyak mineral termasuk Kalsium, Magnesium, Kalium, Vanadium, Besi, Seng, Kobalt, Tembaga, Molibdenum, dan Natrium. Penelitian ini dilakukan oleh King Abdul Aziz City for Science and Technology.

7. Sifat Anti-Tumor

Zamzam juga menunjukkan sifat anti-tumor seperti yang dipelajari oleh Advanced Science Letter. Air ini menunjukkan efek antioksidan, anti-tumor, anti-depresan, dan anxiolytic, yang semuanya merupakan ciri khas obat terapeutik antikanker.

Sebelum meminum air zamzam, para ulama menganjurkan agar umat islam membaca doa khusus. Dilansir dari laman resmi NU, tata cara sebelum minum air zamzam adalah baca basmalah lalu berdoa, meminum air zamzam dengan tiga kali teguk, dan bernapas di tengah tegukan.

Berikut doa minum air zamzam dari sahabat Ibnu Abbas ra yang diriwayatkan oleh Imam Ad-Daruqutni: Allāhumma innī as’aluka ‘ilman nafi‘an, wa rizqan wasi‘an, wa syifā’an min kulli dā’in.

Artinya, "Ya Allah, sungguh aku meminta kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan kesembuhan dari segala penyakit."

Sementara Al-Bujairimi juga mengutip doa air zamzam dari sahabat Ibnu Abbas ra yang diriwayatkan oleh Ad-Daruqutni: "Sahabat Ibnu Abbas ra ketika minum air zamzam berdoa, ‘Allāhumma innī as’aluka ‘ilman nafi‘an, wa rizqan wasi‘an, wa syifā’an min kulli dā’in,’” (Al-Bujairimi: 2006 M/1426-1427 H: II/447-448).

Topik Menarik