Spesifikasi Tank Zelda Israel, Ranpur Canggih IDF yang Diterjunkan ke Rafah

Spesifikasi Tank Zelda Israel, Ranpur Canggih IDF yang Diterjunkan ke Rafah

Teknologi | sindonews | Kamis, 30 Mei 2024 - 19:13
share

Spesifikasi tank Zelda Israel menarik diketahui. Tank canggih ini kabarnya telah diterjunkan Israel Defense Forces (IDF) di Rafah, Palestina.

Terlepas dari kecaman dunia internasional, Israel tetap melanjutkan serangan brutalnya ke Rafah, Palestina. Meski berdalih tujuannya untuk menumpas militan Hamas, korban jiwa yang berjatuhan justru berasal dari kalangan warga sipil, termasuk anak-anak.

Pada serangannya menuju Rafah, Israel menerjunkan banyak persenjataan canggih miliknya. Terbaru, kabarnya mereka juga membawa sebuah robot tank yang bisa dikendalikan dari jarak jauh, yakni Zelda.

Lantas, seperti apa sebenarnya spesifikasi dari tank Zelda Israel ini? Berikut ulasannya yang bisa disimak.

Spesifikasi Tank Zelda Israel

Zelda merupakan jenis tank pengangkut personel atau Armored Personnel Carrier (APC). Keberadaannya dikenal sebagai salah satu varian dari kendaraan tempur (Ranpur) APC M113.

Mengutip laman DefenceBlog, Kamis (30/5/2024), Israel Defense Forces (IDF) mengerahkan Zelda dalam operasi di Rafah, Palestina. Namun, tipe yang diturunkan bukan versi konvensional, melainkan dari jenis tanpa awak atau Unmanned Ground Vehicle (UGV).

Tipe Zelda ini dikendalikan dari jarak jauh melalui teknologi canggih. Sebelumnya, keberadaan tank tanpa awak ini telah terlihat di Bukit Zaruub, Rafah.

Menurut salah satu komandan IDF yang cukup akrab dengan teknologi ini, Zelda memang sengaja diterjunkan di Rafah karena statusnya sebagai daerah berisiko tinggi. Penggunaan sistem tempur tanpa awak ini dilakukan Israel untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

Menariknya, tank Zelda yang dikendalikan dari jarak jauh ini sudah digunakan IDF sejak awal perang. Beberapa di antaranya bahkan dibekali senjata mumpuni yang mampu memberikan daya tembak tambahan.

Pada riwayatnya, pengembangan Zelda dilakukan ketika IDF mencoba mencari cara untuk menggunakan kembali M113 yang sudah usang. Terlebih, Israel punya ratusan unit M113 yang dulunya didapat dari sekutunya.

Setelah itu, mereka mulai mengembangkan tank usang tersebut. Berbekal kemajuan teknologi dan bantuan pihak lain, IDF mencoba menjadikannya sebagai tank tanpa awak yang digerakan dari jarak jauh.

Sepanjang pengembangannya hingga mencapai varian UGV, IDF berkolaborasi dengan banyak industri pertahanan Israel. Kolaborasi ini memungkinkan tercapainya berbagai peningkatan M113 Zelda sebagai platform ranpur yang canggih dan sesuai dengan kemajuan zaman.

Pada pengembangannya, IDF menyematkan beberapa modifikasi terhadap Zelda jika dibandingkan versi asli M113 buatan Amerika. Di antaranya seperti perlengkapan lapisan baja tambahan di sekitar lambung dan bagian atas guna meningkatkan perlindungan terhadap senjata ringan dan pecahan peluru.

Demikian ulasan mengenai spesifikasi tank Zelda Israel yang diterjunkan ke Rafah.

Topik Menarik