Spesifikasi Drone Bayraktar Akinci Turki yang Bantu Temukan Helikopter Presiden Iran

Spesifikasi Drone Bayraktar Akinci Turki yang Bantu Temukan Helikopter Presiden Iran

Teknologi | sindonews | Selasa, 28 Mei 2024 - 19:06
share

Spesifikasi drone Bayraktar Akinci Turki menarik diketahui. Baru-baru ini, kendaraan udara tak berawak tersebut membantu menemukan lokasi jatuhnya helikopter yang ditumpangi Presiden Iran Ebrahim Raisi.

Setelah muncul kabar jatuhnya helikopter yang ditumpangi Presiden Iran, Turki turut terpanggil untuk membantu proses pencarian dan evakuasi. Salah satu yang mereka terjunkan adalah drone Akinci.

Menurut sejumlah sumber, awalnya pihak berwenang Iran meminta Turki untuk mengirimkan drone canggih karena kemampuannya untuk beroperasi dalam cuaca buruk. Tak butuh waktu lama, drone Akinci mampu mendeteksi sumber panas yang diduga sebagai lokasi jatuhnya helikopter.

Koordinat lokasi segera dikomunikasikan kepada pejabat Iran. Lalu, mereka pun akhirnya menemukan puing-puing tersebut meski tidak ditemukan lagi tanda-tanda kehidupan di sekitarnya.

Lantas, seperti apa sebenarnya spesifikasi dari drone Akinci milik Turki? Simak informasinya berikut ini untuk mengenalnya lebih jauh.

Spesifikasi Drone Bayraktar Akinci Turki

Bayraktar Akinci merupakan sebuah kendaraan udara tempur tak berawak berkemampuan tinggi dengan daya tahan lama. Pengembangnya adalah perusahaan pertahanan Turki, Baykar.

Mengutip laman Airforce Technology, Rabu (22/5/2024), Akinci dirancang untuk beroperasi dengan konfigurasi amunisi yang berbeda. Pengembang menjadikannya sebagai penerus UAV Taktis Bayraktar TB2 dan menjadi varian terdepan di kelasnya.

Drone buatan Baykar ini pertama muncul di TechnoFest Istanbul Aviation, Space and Technology Festival pada September 2019. Penerbangan perdananya dilakukan pada Desember 2019.

Pada bentuknya, Akinci memiliki panjang 12,2 meter, lebar 4,1 meter, dan tinggi 20 meter. Kapasitas kargo maksimumnya adalah 1.350 kilogram, sementara berat lepas landasnya mencapai 5.500 kilogram.

Berdasarkan jenisnya, Akinci termasuk drone berteknologi tinggi. Keberadaannya telah dirancang untuk mampu melakukan berbagai operasi yang mendukung jet tempur.

Demi mendukung kemampuannya, Akinci dilengkapi berbagai teknologi canggih. Misalnya, seperti sistem komunikasi satelit ganda, radar udara-ke-udara, sistem pendukung elektronik, radar penghindar tabrakan hingga radar aperture sintetis.

Lebih jauh, Akinci dapat menyerang sasaran di darat dan udara. Drone ini juga mampu melakukan manuver yang mirip dengan jet tempur dan membawa berbagai muatan.

Beralih ke senjata, Akinci dibekali muatan senjata yang berbeda seperti amunisi pintar berpemandu laser, rudal, serta senjata jarak jauh. Di antaranya seperti mini smart munition Bozok, MAM-L (termobarik), MAM–C (high-explosive), rudal anti-tank jarak jauh (L-UMTAS), bom berpemandu MK-81, MK-82, MK-83 (JDAM), dan lainnya.

Baca Juga: Kehebatan Rudal Saqr-358 Iran, Tembak Jatuh 6 Drone Canggih AS

Sementara di bagian dapur pacu, Akinci ditenagai dua mesin turboprop yang masing-masing menyemburkan tenaga sebesar 450hp. Bekal tersebut membuatnya mampu mencapai kecepatan jelajah 150kt dan kecepatan maksimum 250kt.

Kemudian, drone ini juga dapat menjangkau area operasional 5.000 km dan daya tahan hingga 20 jam. Sedangkan untuk ketinggian operasional dan ketinggian maksimum masing-masing adalah 30,000 kaki dan 40,000 kaki.

Kemampuan canggih dari Akinci menjadikannya pilihan menarik bagi pembeli yang mencari UAV tempur. Presiden Turki sebelumnya juga menyebut permintaan ekspor untuk drone ini sedang meningkat.

Demikian ulasan mengenai spesifikasi drone Akinci Turki yang ikut bantu menemukan lokasi jatuhnya helikopter yang ditumpangi Presiden Iran.

Topik Menarik