Misteri Baju Zirah Pasukan Yunani Terungkap setelah 3.500 Tahun Ditemukan

Misteri Baju Zirah Pasukan Yunani Terungkap setelah 3.500 Tahun Ditemukan

Teknologi | sindonews | Senin, 27 Mei 2024 - 10:07
share

Sebuah baju zirah Zaman Perunggu yang ditemukan di Yunani telah membuktikan kelayakannya dalam pertempuran setelah 3.500 tahun diragukan.

Dikenal sebagai Perlengkapan Dendra, artefak ini dianggap sebagai salah satu baju zirah lengkap tertua di Eropa.

Seperti dilansir dari Science Alert, Senin (27/5/2024), meskipun tampak kokoh dan utuh, para arkeolog sebelumnya mempertanyakan keefektifannya dalam pertempuran karena upaya awal dengan replika menunjukkan ketidakcocokannya untuk pertempuran yang lama.

Namun, penelitian baru yang melibatkan 13 marinir dari Angkatan Bersenjata Hellenic membantah keraguan tersebut. Para marinir ini menguji replika baju besi Dendra dalam simulasi kondisi pertempuran selama 11 jam yang dirancang berdasarkan teks-teks sejarah. Hasilnya menunjukkan bahwa Perlengkapan Dendra "sepenuhnya kompatibel dengan penggunaan dalam pertempuran" dan memenuhi tuntutan peperangan.

Penelitian ini didasarkan pada informasi yang diekstrak dari Iliad, puisi epik Homer yang menceritakan kisah Perang Troya. Para peneliti percaya bahwa Iliad memberikan wawasan berharga tentang peperangan dan taktik pertempuran di Yunani kuno, yang tidak dapat ditemukan dari catatan atau deskripsi sejarah lain dari periode tersebut.

Penemuan ini menandakan langkah penting dalam memahami teknologi dan praktik militer di Zaman Perunggu dan menunjukkan bahwa Perlengkapan Dendra bukan hanya artefak seremonial, tetapi juga perlengkapan pertempuran yang efektif.

Topik Menarik