Spesies Hiu Ini Yakinkan Ilmuwan Soal Keberadaan Predator Raksasa di dalam Laut

Spesies Hiu Ini Yakinkan Ilmuwan Soal Keberadaan Predator Raksasa di dalam Laut

Teknologi | sindonews | Selasa, 23 April 2024 - 19:03
share

Meskipun merupakan salah satu predator puncak di lautan dan mendominasi wilayah Pasifik, hiu tidur Pasifik masih diselimuti misteri.

BACA JUGA - Hiu Megalodon Raksasa Punah Akibat Berdarah Panas

Untuk mengatasi kesenjangan pengetahuan tentang spesies ini dan bagaimana menjaganya lestari, para ilmuwan telah bekerja sama untuk menciptakan "pusat informasi" khusus hiu yang lamban ini.

Hiu tidur Pasifik berkerabat dekat dengan hiu Greenland, bahkan dapat kawin silang, dan diyakini memiliki kemiripan dalam beberapa aspek.

Panjangnya bisa mencapai 4,3 meter, dengan spekulasi bahwa hiu dewasa di laut dalam bisa mencapai 7 meter. Umur mereka pun diperkirakan panjang.

Namun, berbeda dengan hiu lainnya, spesies ini minim penelitian. Hal ini dikarenakan rendahnya nilai komersial dibandingkan hiu Greenland, akses habitat yang sulit, dan kendala keamanan dan logistik dalam menangkap dan menangani hewan sebesar ini. Kemunculan hiu tidur Pasifik dewasa di permukaan juga jarang terjadi.

Keterbatasan pengetahuan ini menghambat upaya pengelolaan dan pelestarian hiu yang diklasifikasikan sebagai "Rentan Menurun" oleh Daftar Merah IUCN.

"Kita tidak bisa melakukan banyak hal untuk mengelola spesies ini. Saat ini, pengelolaannya berdasarkan data tangkapan lampau. Hal ini tidak ideal, terutama untuk spesies yang rentan," ungkap rekan penulis studi Cindy Tribuzio seperti dilansir dari IFL Science.

"Semakin banyak informasi yang kita peroleh, semakin baik kita dapat mengembangkan dan menerapkan metode alternatif yang lebih efektif dalam menilai spesies ini dan spesies lain dengan data terbatas."

Para ilmuwan pun menyelami literatur ilmiah tentang hiu misterius ini, meminjam informasi dari kerabat dekatnya, dan menghasilkan temuan baru yang dapat mendukung upaya konservasi.

Upaya ini merupakan langkah awal yang penting untuk memahami hiu tidur Pasifik yang luar biasa. Dengan lebih banyak pengetahuan, kita dapat mengembangkan strategi pengelolaan yang lebih efektif untuk memastikan kelangsungan hidup predator laut yang menakjubkan ini selama bertahun-tahun yang akan datang.

Dengan bekerja sama, para ilmuwan, pemangku kepentingan, dan masyarakat umum dapat memastikan bahwa hiu tidur Pasifik terus berenang di lautan Pasifik untuk generasi mendatang.