Inilah Sosok Pendiri Xiaomi, Brand Smartphone dengan Nilai Kapitalisasi Rp1.410 Triliun

Inilah Sosok Pendiri Xiaomi, Brand Smartphone dengan Nilai Kapitalisasi Rp1.410 Triliun

Teknologi | BuddyKu | Rabu, 21 Desember 2022 - 14:56
share

IDXChannel - Tahukah Anda siapa sosok pendiri Xiaomi? Salah satu merek ponsel yang banyak diganderungi anak muda. Diketahui pendiri dari ponsel Xiaomi tersebut berasal dari negeri tirai bambu, China.

Xiaomi ternyata tak hanya mengeluarkan atau membuat produk elektronik berupa ponsel saja. Melainkan diantaranya ada Smartwatch, TV, Mi Cloud dan lain sebagainya. Banyak yang belum mengetahui siapa pendiri dari brand yang satu ini?

Bahkan diketahui jika sosok tersebut masuk dalam jajaran orang terkaya di China. Nah, berikut ini akan kami sajikan informasi mengenai sosok pendiri Xiaomi. Tim IDXChannel berhasil merangkum informasinya dari berbagai sumber.

Profil Pendiri Xiaomi

Dikenal sebagai CEO Xiaomi nama Lei Jun sangat terkenal di negara asalnya yakni China. Ia lahir pada 16 Desember 1969 di Xiantao, Hubei, China. Kegemarannya mengenai teknologi sudah terlihat sejak kecil.

Hal tersebut membuat dirinya ingin melanjutkan kuliah di universitas selepas kelulusan dari sekolah Mianyang pada 1987. Wuhan University menjadi saksi bisu kesuksesan Lei Jun dalam meraih gelar Bachelor of Science bidang Teknik.

Selepas menjadi sarjana, Pada 1992 ia memutuskan bekerja di perusahan Kingsoft atau pabrikan perangkat lunak. Tak perlu waktu lama, berkat skill serta kerja kerasnya selama ini, Ia pun diangkat menjadi CEO.

Kendati demikian tanpa penyebab yang pasti, Ia memilih untuk mundur dari CEO setelah 16 tahun dan lebih memilih menjadi ketua. Sebelum mendirikan Xiaomi, Ia sempat menjadi ketua UCWeb.

Tepat pada 3 Maret 2010, dirinya fokus mendirikan brand Hp pertamanya dibantu oleh Bin Lin, Wan Qiang Li, Feng Hong, De Liu, Chuan Wang, dan Jiang Ji Huang. Tak hanya itu, ia juga meminta bantuan pada Sergey Brin yakni salah satu pendiri Google.

Satu tahun berikutnya Xiaomi berhasil meluncurkan ponsel pertamanya yaitu Xiaomi Mi1 dan Mi2 yang mana ponsel tersebut merupakan firmware berbasis Android. Salah satu fakta menarik dari Lei Jun adalah pencapaiannya

Adapun pencapaiannya pada perusahaan tersebut yakni dalam kurun waktu tiga tahun, Xiaomi mampu menempati posisi keempat perusahaan ponsel terbesar di China sekaligus mendominasi industri perangkat lunak.

Pada 2020, diketahui bahwa nilai kapitalisasi dari perusahaan Xiaomi diperkirakan mencapai Rp1.410 triliun. Tak hanya itu pada 2021 keuntungan Xiaomi mampu mencapai USD3 miliar atau setara dengan Rp46,7 triliun.

Demikianlah informasi singkat mengenai sosok pendiri Xiaomi. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan serta bermanfaat untuk Anda.

Topik Menarik