Call of Duty vs. Battlefield, Mana yang Jadi Seri FPS Terbaik?

Call of Duty vs. Battlefield, Mana yang Jadi Seri FPS Terbaik?

Teknologi | BuddyKu | Sabtu, 19 November 2022 - 10:30
share

Masih jadi perdebatan besar bagi gamers saat ini: Mana sih yang cocok buat disebut jadi game FPS terbaik saat ini? Apakah Battlefield atau justru rival abadinya, Call of Duty ?

Well , baik Battlefield dan Call of Duty mempunyai pro dan cons yang unik, yang pada akhirnya membuat para player harus memutuskan secara subjektif mana FPS terbaik versi mereka masing-masing, sehingga membuat perdebatan masih langgeng berlanjut, bahkan sampai hari ini.

Berikut UP Station telah merangkum perbedaan seputar Call of Duty vs. Battlefield , semoga bisa mencerahkan opinimu!

1. Storyline Call of Duty Kelewat Keren

1

Bila kita bicara soal game FPS , kebanyakan orang pasti berpikir:

Ah ini mah game yang nembak-nembak doang. Jalan cerita? Ga terlalu penting, lah. Kalaupun ada game FPS yang punya jalan cerita bagus, itu mah cuman CoD . Kayaknya ga ada game FPS lain yang bisa bersaing dengan CoD , dalam aspek penulisan cerita.

Tidak bisa dimungkiri kalau Call of Duty punya storyline yang amat next level dan ikonik. Apalagi bila kita bicara dalam konteks seri Modern Warfare yang rilis pada satu dekade yang lalu.

Rasanya penggemar Call of Duty sejati pasti ingat betul jalan plot tentang Modern Warfare , dari bagian awal sampai dengan akhir, membuktikan betapa bagusnya cerita yang diadaptasikan dalam seri CoD tersebut.

Maka dari itu, tak mengherankan bagi Activision Blizzard, instead of membuat seri CoD baru, malahan fokus membuat reboot Modern Warfare, yang baru rilis langsung dijuluki seri tersukses sepanjang masa. Ya, karena saking ikoniknya jalan ceritanya, cuy .

2. Kualitas Grafis Battlefield Lebih Keren

2

Sayangnya, Call of Duty masih belum bisa mengalahkan kesuksesan Battlefield di aspek sajian visual. Sedari tajuk Battlefield 3 dirilis, DICE selalu meracik grafis yang bikin geleng-geleng kepala.

Ya, gimana enggak? Sangat di luar nalar, dan tidak masuk akal pada masanya kalau ada game yang bisa membuat grafis sekeren itu. Suasana perang yang begitu berdarah-darah dan membara, bisa dilukiskan dengan indah di seri Battlefield .

Well , saat ini Activision Blizzard tampaknya pelan-pelan sedang membuat Call of Duty mengejar kualitas grafis Battlefield . Tak menutup kemungkinan di masa depan nanti, kualitas grafis Battlefield bisa tersalip!

3. Mode Battle Royale Bikin Call of Duty Menyusul Kesuksesan Battlefield di Mode Multiplayer

3

Bila dulu Battlefield dianggap sebagai jawara game mode multiplayer , sekarang posisi tersebut justru raib karena telah disalip oleh Call of Duty yang sukses setelah mengimplementasikan mode battle royale ke dalam game -nya, Warzone yang rilis tahun 2020 lalu.

Bak pesugihan, Warzone mendatangkan rezeki bagi Activision Blizzard karena gamers berbondong-bondong membanjiri server Warzone sampai membludak. Ledakan jumlah pemain tersebut masih berlangsung, bahkan hingga hari ini.

4. Battlefield Mementingkan Aspek Realistis di Segala Hal

call of duty battlefield

Sajian visual yang disajikan dalam Battlefield , disokong pula oleh sound engineering dan gameplay yang terasa lebih realistis. Saking immersive -nya Battlefield , kamu akan terasa seperti di medan perang sungguhan, bila memainkan game ini.

Battlefield tampak semakin keliatan realistis lagi ketika objek bangunan dkk. bisa jadi samsak untuk dihancurkan. Di sisi lain, Call of Duty justru lebih menekankan pada aspek fun , dan tidak terlalu berfokus pada elemen gameplay yang realistis.

Well, in the end of the day , tidak ada game FPS apa pun yang bisa sepenuhnya realistis.

5. Call of Duty Punya Sistem Anti-Cheat Lebih Baik!

call of duty battlefield

Sejak awal dirilis, server Battlefield bisa dibilang sangat rentan kali disusupi cheater laknat. Alhasil, hal tersebut akhirnya membuat banyak gamer jadi ogah untuk melanjutkan progresnya di Battlefield . Well , nasib serupa sebenarnya sempat menimpa Call of Duty juga. Akan tetapi, hal itu tidak lagi menjadi sekarang berkat sistem anti-cheat Call of Duty yang telah berevolusi menjadi sangat tangguh.

Battlefield di sisi lain malah tampak minim peningkatan dalam sistem anti-cheat -nya, alhasil cheater terkadang masih berkeliaran bebas di server.

6. Map Battlefield Itu Luas Banget

call of duty battlefield

Kalau kita bicara soal luas map , Battlefield udah enggak ada lawan, sih. Harus diakui, di Warzone , map Call of Duty tampak bisa dikategorikan cukup luas, tetapi jujur, masih belum ada apa-apanya dengan map Battlefield .

Saking luasnya map Battlefield , bahkan sampai DICE menciptakan kendaraan jenis pesawat tempur yang bisa digunakan player . Berkat map yang luas itu, perang di Battlefield bisa tersebar secara sporadis dan menciptakan suasana perang yang lebih seru.

7. Perang dengan Kendaraan? Battlefield Sudah Asik, tapi Call of Duty Tampaknya Bakal Lebih Asik di Masa Depan!

call of duty battlefield

Battlefield lebih duluan memperkenalkan fitur kendaraan di mode multiplayer online daripada Call of Duty , dan fitur kendaraan ini terus dikembangkan DICE dengan begitu apiknya.

Pada awalnya, di Battlefield kita hanya bisa mengakses kendaraan mobil saja. Lalu, seiring bertambahnya angka sekuel, kendaraan tempur seperti tank, helikopter, dan bahkan pesawat jet pun bisa digunakan oleh player .

Call of Duty di sisi lain mulai melek kendaraan semenjak Warzone. Bisa dibilang, ini adalah gerakan baik dari Call of Duty . Meski awalnya terseok-seok dengan jalan kaki, di masa depan nanti, sama sekali tak menutup kemungkinan Call of Duty menyusul berbagai inovasi akses kendaraan yang telah diterapkan Battlefield .

***

Kalau kamu sendiri nih, kira-kira lebih pilih jadi #TeamBattlefield atau #TeamCOD, guys ? Dua waralaba game besar ini sama-sama keren dan legendaris, kok. Jadi, tidak usah terlalu pusing memilih mana yang terbaik di hatimu!


Dapatkan berita gaming dan informasi menarik lainnya seputar dunia game, esports, film, anime, dan lainnya hanya di UP Station.

Bagi kalian yang mau top-up game kesayangan kalian bisa langsung kunjungiUniPin! Proses cepat dan harga murah!

Pastikan untuk mengikuti perkembangan terbaru dan berita gaming lainnya di akun sosial media kami:
Facebook :UP Station Indonesia
YouTube: Upstation Media
Twitter: @upstationmedia
Instagram: @upstation.media

Yuk gabung di grup Discord kami!
Discord: UniPin Official Community

Topik Menarik