4 Cara Cek Kesehatan Hardisk di Laptop dan Komputer

4 Cara Cek Kesehatan Hardisk di Laptop dan Komputer

Teknologi | okezone | Senin, 7 Maret 2022 - 11:38
share

JAKARTA - Cara cek kesehatan hardisk tidaklah sulit. Ada berbagai langkah yang dapat dilakukan untuk mengecek apakah komponen ini masih dalam keadaan yang bagus atau tidak.

Dirangkum dari berbagai sumber, kesehatan hardisk akan memengaruhi kinerja laptop atau komputer Anda, mengingat sebagai salah satu komponen penting di laptop atau komputer.

Fungsi hardisk sendiri adalah sebagai tempat penyimpanan data pada komputer atau laptop Anda. Hardisk tentunya berbeda dengan RAM dan ROM, meskipun sama-sama memiliki fungsi untuk menyimpan data.

Sebagaimana komponen lain di laptop atau komputer, hardisk juga memiliki jangka waktu masa pakai. Kesehatan hardisk sendiri dapat dipengaruhi oleh berbagai hal.

Sebagai contoh, lama pemakaian, kualitas hardisk itu sendiri, dan sebagainya. Lantas, bagaimana cara cek kesehatan hardisk? Berikut 4 penjelasannya.

Cek Kondisi Fisik

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk mengetahui apakah haddisk anda masih sehat atau tidak adalah dengan mengecek kondisi fisiknya.

Normalnya, hardisk yang masih sehat tidak akan berbunyi ketika dipakai. Jika saat anda menyalakan laptop atau komputer lalu terdengar bunyi bising dari harddisk sebaiknya lakukan backcup data secara berkala. Untuk berjaga-jaga jika harddisk rusak anda tidak akan kehilangan semua data.

Menggunakan WMIC

Jika hardisk anda terlihat normal secara fisik, cobalah untuk mengeceknya menggunakan beberapa cara. Salah satunya menggunakan WMIC, yaitu sebuah program yang dapat anda temukan di command prompt. Berikut caranya:

- Tekan kombinasi tombol Windows+R pada keyboard anda lalu ketik cmd atau anda juga bisa menggunakan tombol search lalu ketikkan cmd.

- Klik Ok untuk membuka jendela cmd.

- Jika jendela cmd sudah terbuka, ketik wmic lalu enter.

- Selanjutnya, ketikkan diskdrive get status lalu tekan enter.

- Jika sudah, status hard disk anda akan ditampilkan.

Topik Menarik