5 Kartu Pokemon Terlangka dan Termahal, Sampai Miliaran Rupiah lho!

5 Kartu Pokemon Terlangka dan Termahal, Sampai Miliaran Rupiah lho!

Teknologi | upstation.asia | Minggu, 27 Februari 2022 - 12:00
share

Selama satu dekade terakhir, nilai beberapa kartu Pokemon telah menembus atap. Kartu yang awalnya hanya seharga puluhan ribu rupiah, kini telah mencapai jutaan bahkan miliaran rupiah. Rekor kartu Pokemon termahal pun telah dipecahkan berkali-kali selama beberapa tahun terakhir.

Sekarang, nilai beberapa kartu Pokemon itu telah berlipat ganda dan sangat tidak diduga banyak orang. Seandainya saja anak-anak di zaman dulu mengetahui hal ini, pasti mereka akan merawat dan menyimpan kartunya baik-baik.Di bawah ini adalah 5 kartu Pokemon terlangka dan termahal per 25 Februari 2022:

Family Event Kangaskhan

Kartu Pokemon Termahal 1

Sekitar 4-6 tahun yang lalu, kartu promosi Family Event Kangaskhan terjual seharga $10 ribu (sekitar Rp144 juta). Namun, itu tidak sebanding dengan yang terjual di bulan Oktober 2020 lalu, di mana sebuah copy Family Event Kangaskhan dengan rating GEM-MT 10 berhasil dilelang 10 kali lipat harga pertamanya.

Melalui PWCC Auction di eBay, kartu tersebut terjual dengan harga penawaran terakhir sebesar $150,1 ribu(sekitar Rp2,15 miliar). Kartunya merupakan hadiah turnamen Pokemon orang tua dan anak yang diadakan di Jepang tahun 1998 dan sejauh ini hanya ada 11 copy saja yang berkondisi GEM-MT 10.

Ishihara GX Promo

Ishihara

Black Star Ishihara GX Promo diciptakan untuk merayakan hari ulang tahun presiden Pokemon Company, Tsunekazu Ishihara yang ke-60. Kartunya dibagikan ke beberapa karyawan dan teman-teman dekat, dengan satu copy memiliki tanda tangani Ishihara itu sendiri.

Pada awal tahun 2021, kartu tersebut mendapat grade NM 7, dan tak lama kemudian terjual seharga hampir $250 ribu (sekitar Rp3,6 miliar) melalui Goldin Auction. Sebenarnya ada 1 copy yang mendapat grade GEM-MT 10, sayangnya itu tidak bertanda tangan sang presiden sehingga tidak begitu nilai kelangkaannya menurun.

Blastoise Galaxy Star Presentation

Kartu Pokemon Termahal 2

Sudah hampir seperempat abad sejak Wizards of the Coast pertama kali melontarkan ide TCG Pokemon ke Nintendo. Perusahaan trading card itu rumornya sempat mencetak dua copy khusus, untuk menarik perhatian perusahaan raksasa Jepang yang memegang hak eksklusif Pokemon, yaitu kartu Galaxy Star Presentation Blastoise.

Pada awal tahun 2021, satu dari dua copy itu kabarnya berhasil terjual melalui Heritage Auctions seharga $360 ribu(sekitar Rp5,2 miliar). Seandainya saja kartu itu dilelang lebih cepat, ketika nilai kartu Pokemon berada di puncaknya. Galaxy Star Presentation Blastoise seharusnya bisa mencapai lebih dari setengah juta dolar Amerika, sekaligus memecahkan rekor kartu Pokemon paling mahal dalam prosesnya.

1st Edition Shadowless Charizard

Shadowless Charizard

YouTuber Logan Paul sempat menjadi berita kontroversi pada Oktober 2020 ketika ia menghabiskan $150 ribu (sekitar Rp2,15 miliar) untuk kartu 1st Edition Shadowless Charizard. Mengejutkannya, ini bukan copy kartu Shadowless Charizard termahal yang pernah dijual.

Pemegang rekor termahal saat ini berasal dari Goldin Auctions, yang berhasil melelang copy kartunya hampir seharga $400 ribu(sekitar Rp5,75 miliar) beberapa bulan kemudian. Hal itu menjadikan 1st Edition Shadowless Charizard yang satu ini sebagai kartu Pokemon termahal peringkat kedua saat ini.

Fun fact : 1st Edition Charizard ini sempat menduduki puncak kartu Pokemon termahal. Sayangnya, itu semua berubah pada hari Jumat (25/2).

Pikachu Illustrator

Kartu Pokemon Termahal 3

Kartu Pikachu Illustrator telah memegang rekor kartu Pokemon termahal yang pernah dijual selama beberapa waktu. Sempat disalib oleh 1st Edition Charizard di atas, beberapa jam yang lalu Pikachu Illustrator kembali menduduki singgasana kartu Pokemon termahal yang pernah ada.

Sebelumnya, copy Pikachu Illustrator terakhir terjual seharga $375 ribu di eBay. Namun, itu tidak ada apa-apanya dibanding kejadian hari ini. Rekor penjualan terbaru Pikachu Illustrator baru saja terjadi melalui pelelangan Goldin Auction, di mana kartunya terjual hampir 3 kali lipat harga sebelumnya, seharga $900 ribu (sekitar Rp13 miliar)!

Untuk yang belum tahu, kartu Pikachu Illustrator merupakan hadiah pemenang kontes ilustrasi yang diadakan oleh CoroCoro Comics pada tahun 1998 dan hanya ada 39 copy yang pernah dicetak serta hanya 12 yang diketahui dalam kondisi baik. Art -nya juga didesain oleh Atsuko Nishida, designer orisinal dari karakter Pikachu itu sendiri, membuatnya menjadi sangat langka dan penuh nilai.

Menariknya, copy yang dijual seharga $900 ribu itu hanyalah sebuah kartu dengan grad NM 7, bayangkan bila copy GEM-MT 10 suatu hari dilelang. Kemungkinan besar, itu akan mendapatkan harga yang sangat tinggi dan menjadikan kartu Pikachu Illustrator sebagai yang termahal selamanya.

*****

Itu dia 5 kartu Pokemon terlangka dan termahal saat ini, dengan rekor termahal kembali di rebut oleh sang maskot, Pikachu si tikus listrik favorit semua orang.

Meskipun NFT dan cryptocurrency mulai menggoda banyak orang untuk menginvestasikan uang mereka untuk hak benda langka digital, tampaknya itu tidak akan mempengaruhi perjual-belian ataupun pelelangan TCG Pokemon sama sekali.

Untuk kamu kolektor TCG Pokemon atau kamu yang orang tuanya mengoleksi kartu Pokemon saat muda, cek binder kartu kalian sekali lagi! Siapa tau di antara koleksi kartu kamu, ada yang dicari oleh orang banyak dan bernilai tinggi.


Dapatkan berita gaming dan informasi menarik lainnya seputar dunia game, esports, film, anime, dan lainnya hanya di UP Station. Bagi kalian yang mau top-up game kesayangan kalian, kunjungi UniPin untuk proses cepat, harga murah, dan promo menarik!

Pastikan untuk mengikuti perkembangan terbaru dan berita gaming lainnya di akun sosial media kami:

Facebook: UP Station Indonesia

YouTube: UP Station Media

Twitter: @Upstationasia

Instagram: @upstation.media

Yuk gabung di grup Discord kami!

Discord: UniPin Official Community

Topik Menarik