3 Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

3 Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

Teknologi | okezone | Rabu, 23 Februari 2022 - 06:35
share

JAKARTA - Cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi ternyata tidak begitu sulit, namun banyak yang beranggapan masalah ini lebih susah lantaran eror jarang terjadi.

Kebanyakan kasus, touchpad yang tidak berfungsi dibiarkan begitu saja dan menggantinya dengan mouse. Namun, tahukah kamu jika masalah touchpad bisa diatasi dengan mudah.

Lantas, bagaimana cara mudah mengatasi touchpad yang tidak berfungsi? Dirangkum dari berbagai sumber, lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Terdapat 3 cara mudah atasi touchpad yang tidak berfungsi, yakni membersihkan permukaan touchpad, scan laptop dengan antivirus dan pilihan terakhir menggantinya dengan yang baru.

1. Bersihkan Permukaan Touchpad yang Kotor

Terlihat sepele, tapi sebenarnya hal ini cukup berpengaruh terhadap keberlangsungan touchpad di laptop. Kebanyakan pengguna acuh terhadap kebersihan touchpad, Padahal, touchpad mengandalkan sensor motorik yang terdapat di permukaannya.

Jika permukaan touchpad jarang dibersihkan, maka kemungkinan besar dapat menjadi penyebab utama touchpad tidak dapat berfungsi dengan baik. Bersihkan touchpad laptop secara rutin minimal setiap habis pemakaian.

2. Scan Laptop dengan Anti Virus

Virus komputer memang yang paling berbahaya karena selain berisiko menginfeksi atau merusak file sistem (yang dapat menyebabkan kegagalan sistem misalnya sistem tidak dapat booting).

Topik Menarik