Apa Itu NFT dan Mengapa Sangat Populer?

Apa Itu NFT dan Mengapa Sangat Populer?

Teknologi | sindonews | Selasa, 22 Februari 2022 - 14:01
share

JAKARTA - Oleh: Wilson, VP Marketing of Brick

Ghozali Everyday membuat istilah Non Fungible Token (NFT) menjadi sangat populer. Tapi, apa sebenarnya NFT dan mengapa orang mau menghabiskan banyak sekali uang untuk membeli barang virtual?

Non Fungible Token atau token yang tidak dapat dipertukarkan adalah aset digital dengan properti unik yang membuatnya lebih sulit untuk disalin atau direplikasi daripada token yang dapat dipertukarkan.

Tidak seperti cryptocurrency tradisional yang dirancang untuk digunakan sebagai mata uang, NFT memiliki berbagai aplikasi di ruang blockchain.

Dalam dunia game, NFT digunakan untuk membuat item unik dalam game yang memiliki nilai tersendiri dan tidak dapat direplikasi atau "dihabiskan" lebih dari satu kali.

Di dunia koleksi, NFT digunakan untuk mewakili karya seni yang unik, token fisik, dan bahkan ruang fisik yang unik.

Properti unik NFT adalah yang membuatnya begitu kuat. Karena setiap token itu unik, maka ia memiliki nilai tersendiri.

Ini mencegah pengguna "menghabiskan" token mereka dan mempersulit scammer untuk memalsukannya. Nilai token ditentukan oleh pasar, bukan pencipta.

Fungsi NFT

Perbedaan antara cryptocurrency tradisional dan NFT terletak pada penggunaannya. Cryptocurrency tradisional, seperti Bitcoin dan Ethereum, dirancang untuk digunakan sebagai alat tukar.

Namun, NFT memiliki jangkauan aplikasi yang jauh lebih luas, dan karakteristik bawaannya membuatnya lebih cocok untuk beberapa penggunaan daripada yang lain. Misalnya, untuk koleksi digital atau Collateralized Collectibles (seperti CryptoKitties), paling cocok untuk digunakan sebagai media pertukaran.

Salah satu aplikasi paling menarik untuk NFT adalah di dunia koleksi. Sama seperti koleksi tradisional, NFT adalah aset digital yang dapat digunakan untuk mewakili objek fisik yang unik.

Perbedaan antara NFT dan barang koleksi tradisional adalah cara penggunaannya. Di NFT, tidak ada representasi fisik dari sebuah aset.

Kapan menggunakan NFT?

NFT awalnya dirancang untuk digunakan dalam aplikasi game, seperti CryptoKitties. Tetapi dengan cepat menjadi alat yang ampuh untuk berbagai aplikasi lain.

Dalam dunia game, karakteristik unik NFT menjadikannya alat yang ampuh untuk membuat item unik dalam game yang memiliki nilai uniknya sendiri. Sehingga tidak dapat di replikasi atau "dihabiskan" lebih dari sekali.

Hal ini menjadikan NFT sebagai cara yang efektif untuk memerangi "farming" dan bentuk kecurangan lainnya dalam aplikasi game.

Di dunia kolektor, NFT adalah alat yang ampuh untuk mewakili objek fisik yang unik.

Misalnya, jika Anda memiliki ide produk untuk item dalam game yang unik dan tidak dapat direplikasi atau "dihabiskan" lebih dari sekali, NFT mungkin merupakan pilihan yang lebih baik daripada token yang dirancang untuk digunakan sebagai media pertukaran.

NFT juga merupakan pilihan bagus untuk proyek yang ingin membangun komunitas dengan ide tertentu. Misalnya, jika Anda ingin membangun platform untuk pembuat koleksi digital, NFT adalah pilihan yang paling masuk akal karena ia memungkinkan komunitas untuk lebih mudah mengidentifikasi proyek tersebut.

Apa Itu Barang Virtual (Virtual Goods)?

Barang virtual atau virtual goods adalah barang seperti avatar, lencana, dan barang digital lainnya yang dapat digunakan dalam game online, jejaring sosial, dan platform digital lainnya.

Barang-barang ini terkadang disebut aset digital, barang digital, atau mata uang digital. Barang virtual adalah jenis aset digital yang dapat diperdagangkan. Ia dapat dibeli dan dijual seperti komoditas tradisional. Namun, tidak seperti kebanyakan komoditas, barang virtual dapat mengambil berbagai bentuk dan dapat memberi berbagai pengalaman yang berbeda.

Ukuran Pasar Barang Virtual

Barang virtual telah menjadi bagian dari video game sejak lama. Awalnya, mereka diwakili oleh kartrid dan mesin arcade, yang dapat diperdagangkan antar pemain.

Kini, ada berbagai bentuk barang virtual, termasuk item digital seperti kulit, emotes dan musik, yang dapat dibeli dan digunakan dalam game online.

Pasar untuk barang virtual sangat besar, dengan perkiraan nilai USD80 miliar pada 2018.

Harga Meteorik Barang Virtual

Barang-barang virtual paling mahal di dunia adalah barang-barang dalam permainan video game online. Ini termasuk senjata, zirah besi, dan barang-barang lain yang digunakan orang untuk meningkatkan kinerja mereka dalam permainan.

Item ini biasanya hanya tersedia melalui item khusus yang disebut item "langka" atau "ultra-langka", yang sangat sulit didapatkan. Yang terkadang jumlahnya sangat terbatas dan hanya dapat diperoleh melalui sarana khusus.

Harga barang-barang ultra-langka ini terus meningkat selama bertahun-tahun. Bahkan, seringkali mencapai jutaan dolar.

Item ultra-langka termahal yang pernah dijual adalah skin senjata untuk video game bernama "Fortnite" yang terjual seharga USD1,5 juta (Rp21 miliar) pada Mei 2018.

Barang virtual termahal yang pernah dijual adalah item "Playerunknown\'s Battlegrounds" (PUBG) yang disebut "Ticket to Victory," yang terjual seharga USD1,5 juta (Rp21 miliar) pada Desember 2017.

Harga tertinggi yang pernah tercatat untuk item dalam game adalah kartu "Pokmon" yang disebut "kartu Mewtwo," yang terjual seharga USD3,4 juta (Rp48 miliar) pada Oktober 2018.

Topik Menarik