Gempa 5 Magnitudo di Bandung Dirasakan Warga Perbatasan Tasikmalaya-Garut

Gempa 5 Magnitudo di Bandung Dirasakan Warga Perbatasan Tasikmalaya-Garut

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Rabu, 18 September 2024 - 16:10
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Gempa berkekuatan 5,0 Magnitudo yang berpusat di Kabupaten Bandung pada Rabu pagi (18/9/2024) terasa hingga beberapa wilayah, termasuk Kabupaten Tasikmalaya bagian selatan yang berbatasan dengan Garut.

Dilansir dari situs BMKG, gempa tersebut terjadi sekitar pukul 09:41:08 WIB, dengan pusat gempa berada 8 km tenggara dari Kabupaten Bandung Barat. Gempa ini dilaporkan tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Lilis (49), warga Kampung Murbei, Desa Ciroyom, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya, mengaku merasakan getaran gempa tersebut dan sempat panik.

"Tadi terasa ada gempa, getarannya cukup kuat sampai membuat warga panik dan keluar rumah. Kejadiannya pagi tadi," ujar Lilis. 

Menurutnya, getaran gempa hanya berlangsung beberapa detik. Namun, kepanikan sempat melanda warga yang langsung berhamburan keluar rumah.

"Rumah di sini kebanyakan semi permanen, jadi getarannya sangat terasa. Pertama malam sekitar pukul 10.00 WIB, lalu pagi tadi sekitar pukul 09.41 WIB," tambahnya.

Sementara itu, Camat Bojonggambir, Edi Mulyana, ketika dikonfirmasi melalui telepon, membenarkan bahwa getaran gempa dirasakan di wilayahnya.

"Memang ada getaran, tapi tidak ada laporan kerusakan atau korban luka. Situasinya aman," ungkap Edi.

 

 

Topik Menarik