Kelatnas Indonesia PD Kota Tasikmalaya Akan Gelar Kejuaraan Silat Perisai Diri Wali Kota Cup 2024

Kelatnas Indonesia PD Kota Tasikmalaya Akan Gelar Kejuaraan Silat Perisai Diri Wali Kota Cup 2024

Olahraga | tasikmalaya.inews.id | Kamis, 12 September 2024 - 21:00
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id Kejuaraan Silat Perisai Diri Wali Kota Cup 2024 antar pelajar dan mahasiswa se-Kota Tasikmalaya akan segera digelar.

Acara yang diprakarsai oleh Keluarga Silat Nasional (Kelatnas) Indonesia Perisai Diri (PD) Cabang Kota Tasikmalaya ini direncanakan berlangsung pada 10-13 Oktober 2024.

Dalam rangka persiapan dan kesuksesan acara, pihak penyelenggara menggelar Sarasehan Pembina Perisai Diri Kota Tasikmalaya di Ruang Rapat RM Hegarsari, Kecamatan Tawang, Kamis (12/9/2024).

Acara ini bertujuan untuk mematangkan persiapan dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

Ketua PD Kota Tasikmalaya, Gungun Anantaguna, menjelaskan bahwa peserta kejuaraan akan berasal dari berbagai tingkatan usia dan jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa.

"Ini adalah persiapan untuk kejuaraan. Kami fokus kepada siswa dan mahasiswa. Sarasehan ini digelar agar para pembina sekolah dan instansi terkait dapat hadir dan mendukung kegiatan yang akan berlangsung pada 10-13 Oktober nanti," ujar Gungun.

Ia juga menambahkan bahwa kejuaraan ini diadakan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-23 Kota Tasikmalaya yang jatuh pada 17 Oktober 2024.

Gungun menargetkan sebanyak 600 peserta akan ikut serta dalam kejuaraan ini, meski jumlah anggota baru mencapai 734 orang.

"Kami menargetkan 1.000 nomor pendaftaran, namun tidak semua anggota baru bisa ikut karena ada yang baru dua bulan latihan, jadi itu pertimbangan kami," tambahnya.

Kejuaraan ini akan mempertandingkan beberapa kategori, seperti kategori tunggal, ganda, dan regu (TGR). Ada pula versi Perisai Diri yang meliputi serang-hindar dan versi fight.

"Kami juga berupaya memenuhi tuntutan Dinas Pendidikan agar pertandingan TGR diadakan. Selain itu, kejuaraan ini bertujuan untuk mencari bibit unggul atlet silat," jelas Gungun.

Kejuaraan Silat Perisai Diri Wali Kota Cup 2024 ini dianggap penting untuk mempersiapkan tim menghadapi kejuaraan yang lebih besar, termasuk O2SN untuk SD dan Pra Porda untuk atlet dewasa.

Sementara itu, Kadiskominfo Kota Tasikmalaya, H Hanafi, yang merupakan mantan atlet pencak silat dan pengurus PD Kota Tasikmalaya, turut hadir dalam Sarasehan tersebut.

Hanafi mendukung penuh acara ini dan siap membantu melalui publikasi kepada masyarakat luas.

"Saya sangat mendukung dan melalui tugas saya di Kominfo, saya akan membantu menyebarluaskan semangat Perisai Diri ke masyarakat," pungkas Hanafi.

Topik Menarik