Bawaslu Kota Tasikmalaya: Belum Ditemukan Kendala Coklit, Masih Sesuai Prosedur

Bawaslu Kota Tasikmalaya: Belum Ditemukan Kendala Coklit, Masih Sesuai Prosedur

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Senin, 8 Juli 2024 - 13:41
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya saat ini masih melakukan tahapan proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pilkada 2024.

Selama proses coklit data pemilih, Bawaslu Kota Tasikmalaya pun menginstruksikan seluruh pengawas baik di tingkat kelurahan maupun kecamatan untuk mengawasi proses coklit.

Koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kota Tasikmalaya, Enceng Fuad, mengungkapkan, bahwa selama pengawasan proses coklit data pemilih yang sudah berjalan dari 24 Juni hingga 8 Juli 2024, pihaknya belum menemukan kendala di lapangan.

"Sampai saat ini masih belum ditemukan adanya kendala, masih sesuai prosedur," kata Enceng kepada iNewsTasikmalaya melalui pesan WhatsApp, Senin (8/7/2024).

Enceng menambahkan, pihaknya dalam hal ini petugas panwascam dan PKD akan terus mengawasi jalannya tahapan coklit data pemilih pada Pilgub dan Pilwalkot yang akan dilaksanakan secara serentak pada 27 November 2024.

"Semua pengawas pemilu masih terus berjalan melakukan pengawasan secara langsung dan uji petik," terang dia.

Dia menyebut, Bawaslu Kota Tasikmalaya menjalankan fungsi pengawasan dengan baik. Terlebih, dalam proses coklit itu, Bawaslu turut mendampingi KPU melalui petugas pantarlih.

"Tentu pengawasan ini kami lakukan guna memastikan kelancaran selama tahapan-tahapan yang dilakukan KPU, terutama coklit data pemilih ini. Dan hingga saat ini koordinasi dengan KPU terus dilakukan dalam pemutakhiran data pemilih ini," ujarnya.

Selain itu, Enceng menyampaikan bahwa pengawasan itu juga dilakukan agar tidak terjadi dan terulang kembali proses coklit yang dilakukan oleh orang yang tidak ditugaskan oleh KPU.

"Alhamdulillah sampai saat ini kita tidak menemukan dan tidak mendengar adanya joki coklit di Kota Tasikmalaya. Semua masih berjalan dengan baik," tandasnya.

Topik Menarik