Lestarikan Budaya Jawa, Karawitan FKIP Iringi Pernikahan Putri Rektor UMS

Lestarikan Budaya Jawa, Karawitan FKIP Iringi Pernikahan Putri Rektor UMS

Terkini | sragen.inews.id | Minggu, 29 September 2024 - 19:40
share

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Kelompok Karawitan Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Langen Laras Sworo Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengiringi prosesi pernikahan putri Rektor UMS Sofyan Anif di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS, Minggu (29/9/2024).

Seperti kelompok pengrawit profesional dalam sebuah hajatan, Karawitan Langen Laras Sworo membawakan beberapa gendhing atau tembang untuk menghibur tamu undangan dalam pernikahan pasangan Dzakkia Ulul 'Azmi, S.S., dengan Basyar Ihsan Arijuddin, S.Si., M.Sc., tersebut

Wakil Dekan II FKIP UMS Dr. Murfiah Dewi Wulandari, S.Psi., M.Psi., yang menjadi salah satu pengrawit menyampaikan, terdapat 26 pengrawit baik dari tenaga pendidik, dosen dari beberapa prodi, dan mahasiswa FKIP UMS.

"Kami memang ingin menampilkan karawitan sebagai salah satu gamelan tradisional dalam acara ini, kan yang diundang banyak," ungkapnya.

Pada pernikahan putri ke dua Rektor UMS itu, gendhing yang dibawakan adalah Gugur Gunung, Kotek, Sriwidodo, Kebogiro, Sekartejo, Tumadah, Ricik-Ricik, Kodok Ngorek, dan Larasmoyo.

Dijelaskan, Karawitan Langen Laras Sworo dilatih secara langsung oleh seniman Waluyo S.Kar, M.sn yang juga turut serta menjadi bagian dari tim.

"Kami ada pelatihan satu bulan. Sebenarnya sudah latihan sebelum-sebelumnya tapi kalau mau tampil latihannya semakin intens," terang Murfiah.

 

Latihan intens dilakukan karena akan tampil mengiringi pernikahan serta  membawakan tambahan gendhing seperti Sriwidodo yang ditampilkan pada saat prosesi sungkeman.

"Kehadiran Karawitan Langen Laras Sworo ini juga menguatkan kebudayaan Jawa dengan Solo yang dikenal sebagai Kota Budaya," pungkasnya.

Topik Menarik