Pertama di Indonesia, Papua Barat Daya Memulai Pengalaman Pariwisata Berkelanjutan dengan WISE Trips

Pertama di Indonesia, Papua Barat Daya Memulai Pengalaman Pariwisata Berkelanjutan dengan WISE Trips

Terkini | sorongraya.inews.id | Jum'at, 27 September 2024 - 20:30
share

 

SORONG, iNewsSorong.id – Provinsi Papua apua Barat Daya merupakan provinsi pertama di Indonesia yang meluncurkan program Wonderful Indonesia Sustainable Experience (WISE) Trips, Southwest Papua.

Launching tersebut dilaksanakan di Taman Wisata Alam Hutan Lindung Kilometer 14, Kota Sorong, pada Senin (23/9/2024).

Inisiatif yang digagas oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif (Dispora Parekraf) Papua Barat Daya ini bertujuan untuk menghadapi tantangan perubahan iklim global dengan mempromosikan perjalanan rendah karbon, mengajak wisatawan untuk ikut serta dalam menjaga kelestarian alam Papua.

Kepala Dispora Parekraf Papua Barat Daya, Yusdi Lamatenggo, menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektor untuk memaksimalkan ekonomi berkelanjutan melalui inovasi dan investasi di bidang pariwisata.
 

Menurut Yusdi, Program WISE ini didukung oleh Kementerian Pariwisata yang meluncurkan program Blue Green Circular Economy (BGCE) di sektor pariwisata, dengan Papua Barat Daya menjadi daerah pertama di Indonesia yang menerapkan konsep ekonomi sirkular dalam pariwisatanya.

Penjabat Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten I Bidang Ekonomi George Yarangga, menyatakan bahwa wilayah ini memiliki potensi besar dalam wisata alam dan budaya yang perlu dikelola secara berkelanjutan.

Langkah ini menunjukkan komitmen serius Papua Barat Daya dalam mengembangkan sektor pariwisata berkelanjutan sambil menjaga kelestarian lingkungan.

Program WISE Trips diharapkan menjadi contoh bagi daerah lain dalam mengembangkan pariwisata rendah karbon untuk mengurangi emisi.

Peluncuran ini diikuti dengan kegiatan penanaman pohon sebagai simbol pengurangan emisi karbon, serta penyerahan plakat kepada lima mitra usaha yang telah bekerja sama dalam pengembangan program ini.

Sebelumnya, acara Kasuari Trail Run 2024, yang bertema “Kami Siap untuk Jaga Alam Lestari,” digelar di Taman Wisata Alam Sorong, menggabungkan olahraga dengan pelestarian alam.

 

 

 

 

 

 

Topik Menarik