Awal Baru Asmat : Inisiatif Bupati Kirim Siswa ke UNIMUDA Sorong Demi Masa Depan yang Lebih Cerah

Awal Baru Asmat : Inisiatif Bupati Kirim Siswa ke UNIMUDA Sorong Demi Masa Depan yang Lebih Cerah

Terkini | sorongraya.inews.id | Rabu, 18 September 2024 - 07:00
share

 

 

SORONG, iNewsSorong.id - Bupati Asmat, Elisa Kambu, menjelang akhir masa jabatannya. mengantarkan 20 mahasiswa asli Asmat untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Kota Sorong, Papua Barat Daya, Senin (16/9/2024).  Langkah Elisa Kambu Ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah daerah terhadap peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Asmat.

Elisa Kambu menyatakan, Program ini merupakan bagian dari inisiatif Pemkab Asmat yang secara rutin mengirim mahasiswa ke luar Papua untuk menempuh pendidikan di berbagai institusi pendidikan tinggi, termasuk di Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar dan beberapa universitas lain di luar Papua.

“ Program ini terutama berfokus pada bidang kesehatan, pendidikan, dan profesi lainnya yang dianggap penting bagi pembangunan daerah Asmat,”ungkap Elisa Kambu.

Dia menjelaskan bahwa pengiriman mahasiswa ke UNIMUDA Sorong pada tahun ini dikhususkan untuk berbagai program studi, termasuk guru PAUD, dengan harapan mereka dapat mengisi kekurangan tenaga pengajar di Asmat.

“ Program ini juga diharapkan akan terus berlanjut di bawah kepemimpinan bupati yang akan datang, guna memastikan keberlanjutan pengembangan SDM lokal,”ujarnya.

Sementara itu, Rektor UNIMUDA Sorong, Rustamadji, juga menyatakan dukungannya terhadap program ini, dengan komitmen untuk menerima mahasiswa Asmat dan memfasilitasi pendidikan mereka.

“ Setelah menyelesaikan pendidikan di UNIMUDA, para mahasiswa ini akan mengikuti pendidikan profesi guru agar dapat mengabdi di Kabupaten Asmat dan menjadi inspirasi bagi generasi Papua yang akan datang,”jelasnya.

Tindakan Elisa Kambu ini mencerminkan upaya nyata dalam menciptakan perubahan positif bagi masyarakat Asmat melalui peningkatan pendidikan, yang diharapkan dapat membawa dampak jangka panjang bagi perkembangan daerah tersebut.

Topik Menarik