Kabar Gembira, Masyarakat Bisa Nonton PEPARNAS XVII Solo 2024 Gratis

Kabar Gembira, Masyarakat Bisa Nonton PEPARNAS XVII Solo 2024 Gratis

Olahraga | sleman.inews.id | Senin, 7 Oktober 2024 - 12:00
share

SOLO, iNewsSleman.id – Kabar gembira untuk pelajar dan masyarakat umum yang ingin menonton Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII Solo 2024. Masyarakat dapat menonton aksi para atlet disabilitas secara gratis alias tidak dipungut biaya.

Ketua Bidang Arena PB PEPARNAS XVII Solo 2024, Rini Kusumandari mengatakan, penyelenggara sudah berkomunikasi dengan pemeritah daerah setempat terkait pelaksanaan PEPARNAS XVII pada Senin-Minggu (7-13/2024).

Hal itu agar ajang atlet disabilitas tingkat nasional tersebut dapat disaksikan langsung oleh masyarakat umum maupun pelajar.

“Kami sudah memberikan woro-woro lewat Sekda agar Dinas Pendidikan daerah setempat dapat mengerahkan pelajarnya untuk melihat pertandingan. Masih kami sosialisasikan terus. Semoga pelajar dan masyarakat umum dapat menonton langsung pertandingan PEPARNAS ini,” ujar Rini melalui siaran pers, Senin (7/10/2024).

Dikatakannya, seluruh venue pertandingan dapat diakses masyarakat umum secara gratis. Terdapat 22 venue PEPARNAS XVII yang tersebar di empat daerah yakni Solo, Karanganyar, Sukoharjo, dan Boyolali. Sebanyak 16 venue di antaranya berada di Kota Solo.

“Semua boleh menonton, tanpa tiket alias gratis,” katanya.

Disinggung alokasi penonton untuk pelajar dan masyarakat umum, pihaknya mengaku belum memastikan detail jumlahnya. Sejauh ini, penyelenggara baru memberikan surat edaran bagi pemda setempat agar dapat mengerahkan pelajar untuk menonton PEPARNAS.

 

“Jadi sifatnya baru imbauan. Tapi kami akan koordinasi dengan Disdik kira-kira bisa berapa jumlah penonton per venue,” tuturnya.

Ajang PEPARNAS XVII Solo 2024 cukup memantik antusiasme luar biasa dari peserta. Hingga Minggu pagi, tercatat sebanyak 4.632 atlet dan ofisial dari 35 kontingen telah hadir untuk mengikuti kejuaraan.

Ketua PB PEPARNAS XVII, DB Susanto, mengapresiasi semangat provinsi-provinsi untuk mengikuti kejuaraan. “Antusiasme provinsi sangat tinggi. Bahkan Papua Barat Daya yang sebelumnya hendak absen akhirnya bisa hadir,” ujar Susanto.

Cabang olahraga para atletik yang digelar di Stadion Sriwedari Solo bisa menjadi pilihan menarik masyarakat untuk menyaksikan PEPARNAS XVII SOLO 2024. Pada hari pertama pertandingan, cabor para atletik sudah memperebutkan puluhan medali.

Para penonton yang ingin menyaksikan cabor para atletik, bisa masuk ke Stadion Sriwedari melalui pintu sisi utara yang ada di tribun timur. Tribun ini cukup nyaman untuk ditempati karena tumbuh pohon-pohon besar yang bisa berfungsi sebagai atap alami.

Tak kalah menarik adalah cabor para panahan yang berlangsung di Lapangan Sepak Bola Kottabarat. Ada pula pertandingan cabor sepak bola CP (Cerebral Palsy) yang dihelat di Stadion UNS dan para bulu tangkis di Edutorium UMS.

Total ada 20 cabang olahraga yang dipertandingan pada PEPARNAS XVII 2024. Jadwal dan venue pertandingan bisa dicek secara langsung via laman resmi PEPARNAS XVII 2024.

Topik Menarik