Dekan Fakultas Kedokteran UMS Ikuti Kegiatan Ilmiah di Belanda

Dekan Fakultas Kedokteran UMS Ikuti Kegiatan Ilmiah di Belanda

Terkini | sleman.inews.id | Senin, 30 September 2024 - 03:30
share

SOLO, iNewsSleman.id - Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Dr. dr. Flora Ramona Sigit Prakoeswa, M.Kes, Sp.D.V.E., Dipl.STD-HIV/AIDS, FINSDV, FAADV, telah melaksanakan sejumlah agenda ilmiah di Belanda. Kegiatan mencakup studi banding, inisiasi kerja sama internasional, kolaborasi dalam penelitian dan publikasi, serta presentasi ilmiah.

Kegiatan dilakukan bersama tim peneliti dari Universitas Airlangga (UNAIR), RSUD Dr. Soetomo, dan Universitas Sebelas Maret (UNS).

“Dimulai pada 23 September 2024, saya bertemu dengan Dr. Hok Bing Thio, MD, PhD, seorang peneliti senior di Erasmus Medical Research Center yang juga akan berperan sebagai Editor dan Patron dalam International Congress Medical Breakthrough yang diselenggarakan FK UMS pada 18 Desember 2024 mendatang,” kata Flora Ramona, Minggu (29/9/2024).

Keesokan harinya, agenda diteruskan untuk melanjutkan diskusi ilmiah dengan Prof. dr. Annemieke Geluk, peneliti utama dari Leiden Medical Research Center, membahas rencana penelitian tahun 2025 mengenai uji klinis penggunaan probiotik sebagai terapi adjuvan bagi pasien psoriasis.

Dari 25-28 September, Dr. Flora menghadiri Kongres European Academy of Dermatology and Venereology 2024 di Amsterdam.

“Saya mempresentasikan poster ilmiah berjudul Interplay Between Immune Dysregulation and Community Health Status in The Occurrence of Leprosy Among Mothers and Children: A Partial Least Squares-Structural Equation Modelling Approach yang merupakan hasil kolaborasi UMS, UNAIR, RSUD Dr. Soetomo, dan UNS,” paparnya.

Dia berharap, kegiatan ini dapat memperkuat kapabilitas FK UMS dalam bidang akademik, penelitian, dan publikasi internasional.

“Selain itu, kegiatan ini menjadi langkah signifikan dalam pengembangan ilmu kedokteran. Semoga upaya ini dapat terealisasi dengan optimal,” ucapnya.

 

Topik Menarik