Profil 4 Dosen UNS yang Masuk dalam Top 2 Scientist Worldwide

Profil 4 Dosen UNS yang Masuk dalam Top 2 Scientist Worldwide

Berita Utama | sleman.inews.id | Sabtu, 28 September 2024 - 03:15
share

SOLO, iNewsSleman.id – Sebanyak 4 Dosen Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo masuk daftar World’s Top 2 Scientist 2024 yang dirilis oleh Elsevier dan Stanford University. Mereka merupakan bagian dari sekitar 100.000 ilmuwan teratas di dunia dan 150 ilmuwan di Indonesia yang mendapatkan penganugerahan ini.

4 dosen UNS yang dimaksud adalah Prof. Ir. Agung Tri Wijayanta, S.T., M.Eng., Ph.D., dari Fakultas Teknik (FT); Dr. Ir., Wakhid Ahmad Jauhari, S.T., M.T. dari FT; Dr.Eng. Nugroho Agung Pambudi, M.Eng., dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP); dan Dr. Ir. Aditya Rio Prabowo, S.T., M.T., M.Eng., dari FT.

Prof. Agung Tri Wijayanta merupakan Guru Besar di bidang Ilmu Teknik Mesin FT UNS. Kepakarannya pada bidang perpindahan panas dan teknik termal. Latar belakang Pendidikan Agung meliputi gelar Ph.D., dan M.Eng., di bidang Teknik Mesin dari Universitas Kyushu Jepang. Karyanya di bidang perpindahan panas telah banyak diakui dan dipublikasikan secara internasional.

Sepanjang 2023 hingga kini, sebanyak 20 artikel telah terpublikasi di jurnal internasional terindeks. Jumlah tersebut merupakan bagian dari 75 artikel yang terpublikasi selama 10 tahun terakhir. Selain itu terdapat 6 artikel yang terpublikasi pada prosiding internasional terindeks sepanjang 2023 hingga kini. Jumlah tersebut merupakan bagian dari 38 artikel yang terpublikasi sejak 2015.

Sementara, Dr Wakhid merupakan Dosen Program Studi (Prodi) Teknik Industri FT UNS. Ia saat ini menjabat sebagai kepala pada prodi. Wakhid menyelesaikan studi sarjana hingga doktor pada Prodi Teknik Industri di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Penelitiannya berfokus manajemen persediaan supply chain.

Sepanjang 2023 hingga kini, 7 artikel telah terpublikasi di jurnal internasional terindeks. Jumlah tersebut merupakan bagian dari 51 artikel yang terpublikasi selama 10 tahun terakhir. Selain itu terdapat 11 artikel yang terpublikasi pada prosiding internasional terindeks sepanjang 2023 hingga kini. Jumlah tersebut merupakan bagian dari 54 artikel yang terpublikasi sejak 2015.

“Terdapat artiket yang spesial bagi saya karena berhasil terbit di top tier journal, yaitu Journal of Cleaner Production. Paper tersebut hasil kolaborasi penelitian dengan mahasiswa bersama peneliti dari Malaysia dan india,” kata Dr Wakhid, Jumat (27/9/2024).

Sedangkan Dr. Eng. Aditya Rio Prabowo adalah pakar di bidang rekayasa dampak, arsitektur kelautan, dan investigasi kecelakaan laut yang dimiliki UNS. Selain itu, ia juga meneliti ketahanan benturan struktural pada kapal dan struktur laut.

 

Ia meraih gelar Doktor di bidang Desain Konvergensi Kelautan dari Universitas Nasional Pukyong, Korea Selatan. Sepanjang 2023 hingga kini, sebanyak 53 artikel telah terpublikasi di jurnal internasional terindeks.

Jumlah tersebut merupakan bagian dari 139 artikel yang terpublikasi selama 6 tahun terakhir. Selain itu terdapat 37 artikel yang terpublikasi pada prosiding internasional terindeks sepanjang 2023 hingga kini. Jumlah tersebut merupakan bagian dari 77 artikel yang terpublikasi sejak 2019.

Berikutnya Dr. Eng. Nugroho Agung Pambudi yang merupakan Dosen Pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (PTM) FKIP UNS. Ini merupakan kedua kali Nugroho memperoleh pengakuan dalam World’s Top 2 Scientist setelah sebelumnya pada 2021. Latar belakang pendidikannya meliputi gelar Dr.Eng., diperoleh di Earth Resources Department Kyushu University.

Kepakaran Nugroho Agung Pambudi dalam bidang konversi energi, khususnya terkait efisiensi energi dan analisis energi pada sistem pembangkit listrik. Kepakarannya meliputi teknologi energi terbarukan seperti geothermal, biomassa, dan sistem pemanas air tenaga surya. Sepanjang 2023 hingga kini, sebanyak 9 artikel telah terpublikasi di jurnal internasional terindeks.

Jumlah tersebut merupakan bagian dari 59 artikel yang terpublikasi selama 10 tahun terakhir. Selain itu terdapat 2 artikel yang terpublikasi pada prosiding internasional terindeks sepanjang 2023 hingga kini. Jumlah tersebut merupakan bagian dari 40 artikel yang terpublikasi sejak 2016.

“Betul, ini saya kedua kali. Dulu tahun 2021 saya dapat penghargaan ini. Pengakuan ini diberikan murni berdasarkan prestasi yang tercatat di publikasi ilmiah dan pengaruh karya di komunitas akademik global,” ujar Nugroho Agung Pambudi.

Perlu diketahui, World's Top 2 Scientist disusun oleh para peneliti dari Universitas Stanford yang bekerja sama dengan penerbit ilmiah Elsevier dan SciTech Strategies. Penilaian untuk masuk dalam daftar ini menggunakan beberapa faktor penting, yaitu jumlah sitasi kumulatif, indeks H, dan jumlah sitasi per artikel.

Tim penyusun daftar mengandalkan data dari Scopus, salah satu basis data penelitian terbesar di dunia yang mencatat jumlah publikasi ilmiah, jumlah sitasi, dan berbagai metrik lain terkait pengaruh penelitian seorang ilmuwan.

Topik Menarik