Tim UMS Tingkatkan Potensi Singkong Kingkong di Kaligentong Boyolali

Tim UMS Tingkatkan Potensi Singkong Kingkong di Kaligentong Boyolali

Terkini | sleman.inews.id | Jum'at, 13 September 2024 - 09:00
share

SOLO, iNewSleman.id Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan Persyarikatan Muhammadiyah (LPMPP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mendapatkan 19 judul atau kegiatan pengabdian pada masyarakat. Kegiatan berasal dari hibah skema Pengabdian Masyarakat Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) Pendidikan Tinggi Tahun Anggaran 2024.

Salah satu judul atau topik hibah pengabdian pada masyarakat multitahun adalah Pemberdayaan Desa Binaan (PDB) di Desa Kaligentong, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali. Kegiataan diketuai Prof Dr Muhtadi M.Si dari Fakultas Farmasi UMS.

Kegiatan PDB di Kaligentong bertujuan mendampingi masyarakat untuk meningkatkan potensi lokal, khususnya Singkong Kingkong untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat di Dukuh Gudang desa Kaligentong," kata Muhtadi melalui siaran pers Humas UMS, Jumar (13/9/2024).

Kegiatan PDB melibatkan Kelompok Tani Marsudi Margo Mulyo, Kebun Bibit Desa (KBD) Suharno, dan Ibu-ibu PKK di dukuh Gudang desa Kaligentong. Beberapa kegiatan pendampingan dan pelatihan yang telah disepakati meliputi AMT dan Capacity Building mitra, pengenalan aneka produk olahan pangan berbasis Singkong Kingkong.

Berikutnya pelatihan pengembangan produk olahan dari Singkong Kingkong. Pendampingan pemberdayaan Ibu-ibu PKK dan kelompok tani dalam dalam peningkatan keterampilan produksi olahan pangan berbasis singkong, oendampingan pembuatan kemasan dan pengurusan P-IRT, serta strategi pemasaran produk baik secara offline maupun online.

Kegiatan PDB di Kaligentong juga memperkenalkan beberapa teknologi untuk proses produksi berupa teknologi mesin perajang singkong multiguna, mesin penggiling gethuk, panci presto untuk membuat singkong presto, mesin peniris minyak (spinner) dan peralatan proses produksi lainnyauntuk meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi dari mitra.

Ketua KBD Suharno mengatakan, kegiatan yang diketuai oleh dosen Farmasi UMS memberikan banyak manfaat dalam meningkatkan potensi desa.

Kegiatan PDB di Kaligentong oleh tim UMS sangat bermanfaat bagi masyarakat Dukuh Gudang Desa Kaligentong, karena selain diberikan peralatan untuk proses produksi, juga diberikan pelatihan untuk keterampilan pengolahan dan pengemasannya, serta pemahaman bagaimana meningkatkan nilai ekonomi dari potensi lokal dari desa Kaligentong ini, ujar Suharno.

Masyarakat desa Kaligentong berharap kegiatan PDB untuk lebih ditingkatkan dan dapat ditindaklanjuti. Sehingga masyarakat mendapatkan pemahaman, pengalaman dan keterampilan dalam mengangkat potensi lokal yang bernilai ekonomis dan menjadi tambahan penghasilan masyarakat," lanjut Marjuki, aparat Pemerintah Desa Kaligentong.

Tim UMS bersama mitra dan pemerintah Desa Kaligentong menyampaikan terima kasih kepada Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian pada Masyarakat (DRTPM) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan LPMPP UMSyang telah memberikan dukungan pendanaan kegiatan Pemberdayaan Desa Binaan ini, melalui kontrak penugasan 107.14/A.3-III/LPMPP/VI/2024.

Topik Menarik