Didukung Koalisi KIM Plus, Basri Baco Yakin Pasangan RIDO Menang Pilkada Jakarta

Didukung Koalisi KIM Plus, Basri Baco Yakin Pasangan RIDO Menang Pilkada Jakarta

Terkini | sindonews | Senin, 28 Oktober 2024 - 20:08
share

Tim Pemenangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) mengumpulkan 800 Ketua Partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus tingkat kecamatan. Mereka berkomitmen akan mengawal pemenangan RIDO di 44 Kecamatan yang ada di Jakarta.

Sekretaris Tim Pemenangan RIDO, Basri Baco mengatakan, ratusan ketua yang datang berasal dari 16 partai yang tergabung dalam KIM Plus. Di DPD Golkar DKI Jakarta, mereka juga mendapat pengarahan langsung dari RK mengenai peta politik yang harus disasar di tengah lapangan.

Baca juga: Generasi Muda KIM Plus Ajak Anak Muda Jakarta Menangkan Paslon RIDO di Pilkada 2024

“Alhamdulillah Bang Ridwan Kamil, Calon Gubernur kita ikut memberikan beberapa pengarahan-pengarahan, memberikan semangat, memberikan motivasi kepada seluruh kader,” kata Baco di DPD Golkar DKI, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (28/10/2024).

Baco mengatakan, meski pasangan RIDO didukung oleh 16 partai, namun peranan para relawan tetap sangat dibutuhkan. Hingga kini, sudah ada ratusan komunitas relawan yang telah mendeklarasikan dukungannya kepada RIDO.

“Hingga hari ini, kami sudah menerima deklarasi dari 200-an kelompok relawan RIDO yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat.Saat ini masih terdapat sekitar 300 kelompok relawan yang menunggu giliran untuk melakukan deklarasi di sini,” jelas Baco.

Jika semua partai dan relawan bekerja keras menarik simpati masyarakat, maka Baco meyakini upaya memenangkan RIDO untuk sekali putaran mudah tercapai. Di sisi lain, kader partai yang duduk di DPRD DKI Jakarta juga akan menggerakan massanya untuk mendukung pasangan RIDO saat Pilkada Jakarta nanti.

Baca juga: Mesin Politik KIM Plus Siap Menangkan Ridwan Kamil-Suswono

“Untuk itu, mari kita semua memperkenalkan RIDO dan janji kampanye kepada masyarakat untuk meraih simpati. Manfaatkan semaksimal mungkin media sosial (medsos) kita,” ucap Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta ini.

Menurutnya, penguatan relawan, kader dan simpatisan di tingkat Kecamatan sudah menjadi keharusan. Tim Pemenangan juga berencana membentuk saksi di tingkat Kecamatan untuk ditugaskan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) demi mengawal suara RIDO.

“Fokus di kecamatan kami adalah yang pertama, penyiapan dan pematangan saksi-saksi yang, kedua para saksi-saksi ini melakukan canvassing ke rumah-rumah warga membagikan alat peraga kampanye dan lain-lain,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mengadakan kegiatan bakti sosial seperti tebus murah sembako, pengobatan, kacamata baca dan susu gratis bagi masyarakat. Untuk memperluas jangkauan, pihaknya akan melibatkan partai, ormas sayap partai dan relawan yang ada di RIDO.

“Insya Allah kalau kita kompak semua, komit semua, kalau partai-partai ini semuanya bersatu dan semuanya bekerja mak satu putaran target kita menjadi kenyataan,” jelasnya.

Sementara itu Cagub DKI Jakarta Ridwan Kamil mewanti-wangi para kader, simpatisan dan relawan agar memanfaatkan sisa waktu yang ada sebelum pencoblosan pada 27 November 2024 mendatang.

Meski berdasarkan survei yang ada tingkat elektabilitas pasangan RIDO tembus 51,5 persen, tapi mereka harus tetap bekerja keras menarik simpati masyarakat.

“Kalau pemimpinnya sudah berpengalaman maka dalam hal apapun Insya Allah akan jauh lebih baik dari mereka yang coba-coba,” imbuh RK.

Dalam momen itu, RK menekankan adanya perbaikan dalam peta politik yang ada. Di Jakarta Utara, perolehan suara RIDO cukup baik namun perlu dipertebal.

“Jakarta Barat berikutnya juga sudah baik, tinggal diperkuat, Jakarta Selatan juga sudah baik dan Jakarta Pusat masih draw jadi kerjanya harus lebih ekstra di daerah-daerah padat. Mohon maaf kita di Jakarta Timur masih kalah, mari kita kerja keras sekarang saya juga mau ke sana, perbanyak (kegiatan) di Jakarta Timur dan sebagainya,” ujar RK.

Topik Menarik