Arahan Khusus Prabowo pada Retreat Kabinet Merah Putih

Arahan Khusus Prabowo pada Retreat Kabinet Merah Putih

Nasional | sindonews | Jum'at, 25 Oktober 2024 - 13:37
share

Presiden Prabowo Subianto memberikan arahan khusus kepada Kabinet Merah Putih saat retreat di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024). Prabowo meminta kabinetnya Bersatu.

Hal ini diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Pangan Zulkifli Hasan kepada wartawan saat istirahat dari kegiatan di Akmil, Magelang, Jumat (25/10/2024).

"Bersatu" kata Zulhas dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (25/10/2024).

Prabowo, kata Zulhas, juga meminta menteri kabinetnya untuk mewujudkan swasembada pangan dan energi.

"Swasembada pangan dan energi At All Cost," kata Zulhas.

Hal yang sama juga diungkapkan Wakil Menteri Dalam Negeri Bima Arya Sugiarto. Bima menyebut bahwa Presiden Prabowo ingin melanjutkan hilirisasi dan swasembada.

"Lanjutkan hilirisasi. Swasembada pangan, swasembada energi. Jangan mau didikte oleh kepentingan asing," kata Bima dalam keterangannya.

Bima juga menggambarkan suasana saat pengarahan oleh Prabowo. Pengarahan dilakukan di lapangan terbuka, namun Prabowo mampu membakar semangat para menterinya.

"Pengarahan) di lapangan. Angin sepoi sepoi. Tapi membakar semangat," kata Bima

Diketahui, Retreat Kabinet Merah Putih resmi di mulai pada hari ini Jumat 25 Oktober 2024. Retreat digelar di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah.

Para pembantu Presiden itu sudah dibangunkan sejak pukul 04.00 WIB. Dan pada pukul 05.15 WIB, mereka sudah berkumpul di Lapangan Sapta Marga.

Ketika para anggota kabinet tiba di lapangan, Presiden Prabowo Subianto ternyata menjadi orang pertama terlebih dahulu hadir di lapangan.

Presiden, Wakil Presiden, dan anggota kabinet pada kegiatan pagi itu mengenakan pakaian lapangan Komponen Cadangan (Komcad).

Kegiatan pun diawali dengan olahraga bersama yang dipimpin oleh para pelatih dari Akademi Militer Magelang. Setelah berolahraga selama sekitar 30 menit, kegiatan dilanjutkan dengan latihan baris-berbaris.

Para Menteri, Wakil Menteri, Kepala Badan, hingga Penasihat Khusus Presiden dibagi ke dalam lima kelompok. Di setiap kelompok, disediakan masing-masing tiga pelatih baris-berbaris. Presiden Prabowo, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, serta Panglima TNI dan Kapolri juga turut serta dalam latihan tersebut. Jenderal (Purn) Wiranto juga mengikuti latihan bersama para anggota kabinet

Setelahnya, para menteri bersiap diri untuk makan pagi bersama. Maka pagi dipimpin langsung oleh Prabowo. Usai makan pagi, Prabowo memberikan arahan kepada para menterinya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto mengatakan bahwa latihan baris-berbaris tersebut bukan latihan kemiliteran, melainkan untuk menyamakan frekuensi dan gerak langkah sebagai pemerintah.

"Kita harus bergerak seirama dengan tujuan yang sama. Pemerintah itu tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan sebagai tim," kata Prabowo dalam keterangannya, Jumat (25/10/2024).

Presiden Prabowo juga mengatakan bahwa kerja sama tim terbaik dapat dilihat dari sepak bola, di mana semua pemain harus memiliki keyakinan dan tujuan yang sama. Tim Kabinet Merah Putih juga harus menyadari bahwa mereka berkompetisi dengan negara-negara lain.

Topik Menarik