8 Tanda Kolesterol Tinggi pada Wanita, Awas Bisa Jadi Gejala Serangan Jantung dan Stroke

8 Tanda Kolesterol Tinggi pada Wanita, Awas Bisa Jadi Gejala Serangan Jantung dan Stroke

Gaya Hidup | sindonews | Minggu, 20 Oktober 2024 - 13:13
share

Kolesterol merupakan jenis lemak yang diproduksi oleh hati dan diperlukan oleh tubuh. Meski begitu, kadar kolesterol yang tinggi bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Tanda-tanda kolesterol tinggi bisa berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang tidak merasakan gejala apa pun, ada pula yang mengalami nyeri di bagian tengkuk, dada, atau kaki. Sebagian orang juga ada yang memiliki gumpalan lemak di kulit atau kelopak mata.

Tanda-tanda tersebut umumnya dirasakan oleh pria yang mengidap kolesterol tinggi. Sementara wanita memiliki gejala yang berbeda ketika kolesterol sedang tinggi dibandingkan dengan pria.

Baca Juga: Santan Mengandung Kolesterol Tinggi? Ini Faktanya

Berikut ini adalah tanda-tanda atau gejala kolesterol tinggi yang dialami oleh wanita, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi pada Wanita

1. Nyeri dan Pegal

Timbulnya rasa nyeri dan pegal-pegal pada bagian tubuh tertentu merupakan salah satu tanda atau gejala kolesterol tinggi pada wanita. Kolesterol akan menyumbat pembuluh darah pada tubuh yang mengakibatkan beberapa bagian tubuh tidak menerima pasokan oksigen dalam darah secara maksimal. Jika demikian, badan akan merasakan pegal dan juga nyeri di bagian tertentu seperti kaki dan tangan.

2. Kepala Pusing

Kepala pusing termasuk gejala seorang wanita mengalami kolesterol naik. Pusing merupakan salah satu sinyal yang diberikan oleh tubuh kita untuk memberi tahu bahwa tubuh kekurangan oksigen dari darah yang mengalir tidak lancar karena tersumbat kolesterol.

3. Nyeri Dada

Gejala kolesterol tinggi pada wanita ini akan muncul atau dirasakan ketika kolesterol menyumbat pembuluh darah yang mendistribusikan oksigen dari dan menuju jantung. Biasanya nyeri dada hanya terjadi sebentar atau sementara, tergantung bagian pembuluh darah mana yang mengalami penyumbatan.

Nyeri pada dada juga bisa menjadi gejala penyakit jantung. Jika gejala ini dibiarkan, penderita dapat terkena serangan jantung bahkan stroke yang pastinya membahayakan nyawa penderita.

4. Pandangan Meredup atau Gelap

Gejala kolesterol tinggi ini disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah pada bagian mata, sehingga kinerja mata tidak maksimal. Mata akan tiba-tiba meredup, berbayang atau bahkan tiba-tiba gelap. Ditambah bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi, gejala yang didapatkan bisa lebih parah dari yang biasanya dirasakan.

5. Kram di Malam Hari

Gejala kolesterol tinggi pada wanita selanjutnya adalah sering merasa kram di malam hari. Kondisi ini tak jarang disebabkan oleh kesalahan posisi saat tidur. Namun bedanya, apabila disebabkan oleh kolesterol akan terasa kram pada area telapak kaki, jari-jari, dan tumit.

Baca Juga: Apakah Kolesterol Tinggi Dapat Menyebabkan Kesemutan?

6. Kesemutan

Kadar kolesterol tinggi juga akan membuat seorang wanita terasa kesemutan. Hal itu terjadi lantaran aliran darah tidak lancar, sehingga terganggunya aliran normal darah ke saraf yang menyebabkan kesemutan.

7. Sering Merasa Lelah

Kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan seorang wanita kerap merasa cepat lelah. Kondisi ini disebabkan karena aliran darah tidak lancar sehingga oksigen dalam tubuh tak berjalan normal yang menyebabkan seseorang mudah mengantuk dan badan cepat terasa lelah.

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, sebaiknya segera periksakan kadar kolesterol Anda ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes darah untuk mengetahui kadar kolesterol total, LDL (kolesterol jahat), HDL (kolesterol baik), dan trigliserida.

Dokter juga akan memberikan saran tentang pola hidup sehat dan obat-obatan yang sesuai untuk menurunkan kadar kolesterol Anda.

Topik Menarik