Ketiga Kalinya, PPA Raih Trofi Terbaik di GMP Award 2024

Ketiga Kalinya, PPA Raih Trofi Terbaik di GMP Award 2024

Terkini | sindonews | Jum'at, 27 September 2024 - 18:26
share

PT Putra Perkasa Abadi (PPA) kembali mendapatkan pengakuan atas dedikasi perusahaan dalam menerapkan praktik pertambangan yang baik (good mining practices/GMP). Pada ajang ini, PPA menerima penghargaan Trofi Best of The Best kategori Pengelolaan Standarisasi dan Usaha Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara Kelompok Pemegang Izin Usaha Jasa Pertambangan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

GMP Award merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Kementerian ESDM untuk mengapresiasi perusahaan pertambangan yang menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik.

Baca Juga: 6 Jurusan Kuliah yang Banyak Dibutuhkan dan Jadi Incaran Pertambangan, Gaji 2 Digit

Di ajang ini, PPA mencatatkan nilai tertinggi dari 78 perusahaan yang meraih penghargaan GMP Award pada kategori kelompok Pemegang Izin Usaha Jasa Pertambangan. Ini merupakan ketiga kalinya PPA meraih trofi terbaik GMP Award, sebelumnya PPA juga meraih trofi terbaik pada tahun 2022 dan 2023.

Direktur Operasional PPA R Teguh Saptosubroto mengatakan, penghargaan ini merupakan apresiasi atas perusahaan dalam menjalankan operasi pertambangan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Capaian ini menurutnya juga merupakan hasil kerja keras seluruh tim PPA dan mitra kerjanya.

"PPA meraih Trofi Terbaik untuk ketiga kali berturut-turut, ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus mempertahankan dan meningkatkan standar tertinggi dalam operasional pertambangan yang berkelanjutan," ujar Teguh dalam keterangan tertulis, Jumat (27/9/2024).

Pada acara yang berlangsung di Jakarta, Rabu (24/9) tersebut, PPA meraih empat penghargaan Aditama yakni PPA site Adoro Indonesia, PPA site MLP, PPA site Bukit Asam, dan PPA site Borneo Indobara. Sementara PT Antareja Mahada Makmur (AMM) yang merupakan anak perusahaan PPA meraih satu Penghargaan Aditama (Emas) untuk AMM site BIB, dua penghargaan Utama (Perak) untuk AMM site ABP dan Site MHU, serta satu Penghargaan Pratama (perunggu) untuk AMM site MIFA.

Baca Juga: Kelas Menengah Mode Survival, Alarm Bagi Ekonomi Indonesia

Dalam sambutannya, Dirjen Minerba ESDM Tri Winarno memberikan apresiasi kepada PPA dan perusahaan tambang lainnya yang telah menerapkan kaidah pertambangan yang baik. Menurut dia, penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi seluruh insan pertambangan untuk terus meningkatkan standar operasional yang memprioritaskan keselamatan manusia, perlindungan lingkungan, serta kontribusi positif bagi negara dan masyarakat.

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia juga menyampaikan terima kasihnya kepada perusahaan tambang atas kontribusi terhadap penerimaan negara. Bahlil menekankan pentingnya memperhatikan pengelolaan pascatambang dan menjaga kaidah pertambangan yang baik agar operasional pertambangan berkelanjutan.

"Penghargaan ini semakin mengukuhkan PPA sebagai perusahaan jasa pertambangan yang tidak hanya berfokus pada produksi, tetapi juga memiliki komitmen dan tanggung jawab terhadap keselamatan kerja, lingkungan dan masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya," kata Teguh.

Penghargaan ini, imbuh dia, merupakan bentuk apresiasi atas upaya perusahaan dalam menjaga praktik penambangan dengan mengedepankan keselamatan kerja, perlindungan lingkungan, penerapan konservasi mineral dan batubara, pengelolaan teknis serta penerapan standarisasi usaha jasa pertambangan.

Topik Menarik