Google Bayar Rp40,7 Triliun ke Mantan Karyawan yang Dulu Dipandang Sebelah Mata

Google Bayar Rp40,7 Triliun ke Mantan Karyawan yang Dulu Dipandang Sebelah Mata

Terkini | sindonews | Jum'at, 27 September 2024 - 18:02
share

Google dilaporkan membayar uang dalam jumlah fantastis ke mantan karyawannya, Noam Shazeer, agar mau bekerja kembali ke perusahaan raksasa teknologi tersebut. Insinyur perangkat lunak itu dihargai USD2,7 miliar atau setara Rp40,7 triliun.

Shazeer yang berusia 48 tahun hengkang dari Google tiga tahun lalu lantaran perusahaan menolak merilis chatbot yang dia kembangkan bersama rekannya, Daniel De Freitas. Dia bersama rekannya lantas mendirikan perusahaan startup sendiri, Character.AI. Tak disangka, perusahaan baru ini meroket hingga mencapai valuasi USD1 miliar tahun lalu.

Bulan lalu, Google dan Character.AI mengumumkan Shazeer, De Freitas, dan beberapa anggota tim peneliti Character.AI akan bergabung dengan unit AI Google, DeepMind.

Kesepakatan lisensi, yang kurang dari akuisisi penuh, adalah pengaturan unik yang memungkinkan Google segera mengakses kekayaan intelektual Character.AI tanpa harus menunggu persetujuan peraturan dan birokrasi yang diperlukan jika perusahaan itu dibeli secara langsung.

Dilansir dari New York Times, Jumat (27/9/2024) kembalinya Shazeer ke Google dipandang oleh karyawan perusahaan sebagai alasan utama di balik akuisisi Character.AI.

Baca Juga: Cara Menggunakan Character AI untuk Chatbot

Menurut laporan Journal, Eric Schmidt, mantan CEO Google, terkesan sehingga yakin Shazeer akan mampu membangun model AI yang dapat beroperasi dengan kecerdasan tingkat manusia. "Jika ada orang yang saya pikir di dunia ini yang mungkin bisa melakukannya, itu pasti dia," kata Schmidt tentang Shazeer selama pembicaraan di Universitas Stanford pada tahun 2015.

Pada tahun 2017, Shazeer dan rekannya di Google lainnya, De Freitas, bekerja sama untuk menciptakan Meena, chatbot yang dapat melibatkan manusia dalam berbagai masalah.

Menurut Journal, Shazeer begitu yakin dengan kegunaan Meena sehingga dia memperkirakan Meena suatu hari nanti akan menggantikan mesin pencari Google. Namun, eksekutif Google berpikir terlalu berisiko untuk merilis Meena karena masalah keamanan.

Google menunjuk Shazeer, yang meraup ratusan juta dolar dalam transaksi tersebut, sebagai salah satu dari tiga orang yang akan memimpin upaya perusahaan untuk membangun versi berikutnya dari Gemini, model AI generasi terbaru Google yang dibuat untuk bersaing dengan pesaing seperti ChatGPT OpenAI.

Awal tahun ini, Google untuk sementara menangguhkan fitur pembuat gambar Gemini setelah menghasilkan penggambaran yang tidak akurat seperti pendiri minoritas dan Paus yang beragam.

Baca Juga: Saingi TikTok, Google Beli Startup Avatar AI

Bulan lalu, Google mencabut penangguhan dan mengizinkan pengguna untuk membuat gambar menggunakan petunjuk setelah memperbaiki bug.

Harga tinggi yang dibayar Google untuk membawa Shazeer dan De Freitas kembali menunjukkan persaingan mahal di antara raksasa teknologi Silicon Valley untuk merekrut talenta terbaik selama era AI - terutama setelah peluncuran ChatGPT oleh OpenAI.

Perang perebutan talenta memanas hingga CEO Meta Mark Zuckerberg dan salah satu pendiri Google, Sergey Brin, secara pribadi menulis catatan kepada para rekrutan mendesak mereka untuk bergabung.

Menurut Journal, Brin dilaporkan menjadi tokoh kunci dalam membantu membujuk Shazeer untuk kembali ke Google.

Perusahaan seperti OpenAI membayar paket kompensasi rekrutan berharga mulai dari USD5 juta hingga USD10 juta - sebagian besar dalam bentuk saham. Meta selama ini terkenal pelit, menawarkan paket gaji antara USD1 juta dan USD2 juta, menurut data yang digali oleh situs berita teknologi The Information.

Topik Menarik