10 Tahun Jokowi, Kemenhub Ungkap Capaian Pembangunan Sektor Transportasi Laut

10 Tahun Jokowi, Kemenhub Ungkap Capaian Pembangunan Sektor Transportasi Laut

Terkini | sindonews | Jum'at, 27 September 2024 - 11:31
share

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Antoni Arif Priadi, memaparkan berbagai capaian yang telah diraih Ditjen Hubla, baik dalam aspek pembangunan infrastruktur maritim maupun peningkatan kualitas layanan transportasi laut, sebagai bagian dari upaya memajukan sektor maritim nasional.

Selama 10 tahun terakhir, serangkaian pembangunan infrastruktur transportasi laut telah dilaksanakan untuk meningkatkan konektivitas dan mobilitas, di antaranya 28 pelabuhan baru dan 165 rehabilitasi pelabuhan di berbagai penjuru Nusantara.

Baca Juga : Cara Rusia Mengurangi Ketergantungan Rute Laut Hitam di Tengah Perang

Tak hanya infrastruktur, salah satu program unggulan Ditjen Hubla yang menjadi sorotan adalah Program Tol Laut. Tol Laut telah melayani 39 trayek dan berhasil menghubungkan berbagai wilayah di Indonesia, khususnya daerah-daerah terpencil yang sebelumnya sulit dijangkau.

"Tol Laut menjadi tulang punggung distribusi logistik nasional. Dengan adanya Tol Laut, disparitas harga barang di wilayah barat dan timur Indonesia dapat ditekan secara signifikan," kata Capt. Antoni dalam keterangan resmi, Kamis (27/9/2024).

Selain Tol Laut, Ditjen Hubla juga mengoperasikan kapal perintis dan kapal ternak yang memiliki peranan penting dalam mendukung mobilitas masyarakat di wilayah terpencil dan memperlancar distribusi ternak dari sentra produksi ke daerah-daerah konsumsi.

"Saat ini, kapal perintis melayani 107 trayek dan kapal ternak melayani 6 trayek, yang bukan hanya berfungsi sebagai sarana transportasi, tetapi juga bagian penting dari upaya pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional," jelas Capt. Antoni.

Baca Juga : ALFI Tolak Usulan Pemerintah di RUU Pelayaran : Otoritas Bisa Tentukan Tarif Pelabuhan secara Sepihak

Sejalan dengan perkembangan teknologi, Ditjen Hubla juga telah melakukan berbagai transformasi digital untuk memudahkan pelayanan di sektor transportasi laut. Salah satu terobosan besar adalah penerapan sistem informasi digital di pelabuhan, yakni Inaportnet.

Sejak diluncurkan, Inaportnet telah mengalami perkembangan pesat. Saat ini, sistem tersebut telah diterapkan pada 264 pelabuhan di Indonesia dan menjangkau berbagai wilayah strategis.

Topik Menarik