KH Cholil Nafis: Dai Harus Punya Kompetensi, Tuntun  Umat ke Arah Lebih Baik dan Sejahtera

KH Cholil Nafis: Dai Harus Punya Kompetensi, Tuntun Umat ke Arah Lebih Baik dan Sejahtera

Terkini | sindonews | Jum'at, 27 September 2024 - 08:20
share

Dai harus mempunyai kompetensi sesuai kebutuhan umat, sehingga dapat menuntun masyarakat ke arah yang lebih baik dan sejahtera. Hal itu disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis.

KH Cholil Nafis menghadiri acara Multaqo Du'at yang diselenggarakan oleh MUI Provinsi Gorontalo, Kamis (26/9/2024). Dalam acara itu, dibahas tentang dakwah yang efektif dan inspiratif dalam berbagai situasi dan perkembangan teknologi.

Kepada para dai yang hadir, KH Cholil Nafis menyampaikan tiga hal. Pertama, dai harus menjadi opinion leader untuk membimbing umat pada wacana dan isu-isu yang baik. Kedua, cultural broker, yakni sebagai perantara untuk mencetak kondisi dan budaya masyarakat yang diinginkan sesuai ajaran Islam.

Baca Juga: Fenomena Dai dan Respons Umat

"Ketiga, intermediary force antara masyarakat dan pemangku kebijakan dalam rangka perbaikan akhlak umat dan moral bangsa menuju baldatun thoyyibatun wa rabbun ghafur," ujar KH Cholil dalam pesan yang diterima SINDOnews, Jumat (27/9/2024).

KH Cholil menekankan, dai harus mempunyai kompetensi sesuai kebutuhan umat. "Sehingga dapat menuntun masyarakat ke arah yang lebih baik dan sejahtera, selamat dunia dan akhirat dalam rida Allah," ujarnya.

Topik Menarik