China Kuasai Pasar Ekspor AS, Ini Bahayanya Jika Trump Kerek Tarif Impor 60

China Kuasai Pasar Ekspor AS, Ini Bahayanya Jika Trump Kerek Tarif Impor 60

Terkini | sindonews | Jum'at, 27 September 2024 - 08:46
share

Janji calon presiden dari Partai Republik Donald Trump untuk mengantarkan kebangkitan manufaktur di Amerika semakin menguat seiring dengan upayanya untuk membedakan dirinya dengan calon Wakil Presiden AS dari Partai Demokrat Kamala Harris menjelang pemilu.

Berdiri di depan spanduk "Made-in-USA" pada sebuah rapat umum kampanye di Savannah, Georgia, pada hari Selasa, mantan presiden AS tersebut berjanji menerapkan tarif yang tinggi pada barang-barang buatan luar negeri untuk melindungi industri AS.

Namun, sebuah kertas kerja yang dirilis Peterson Institute for International Economics memperingatkan dampak buruk bagi perekonomian AS jika rencana Trump terwujud. Secara khusus, pertumbuhan ekonomi yang lebih lemah, inflasi yang lebih tinggi, dan hilangnya pekerjaan akan terjadi, menurut lembaga think tank yang berbasis di Washington ini, dengan beberapa dampak yang diperkirakan akan terasa hingga 2040.

Baca Juga: Vladimir Putin Perintahkan Rusia Ubah Doktrin Nuklir, AS Kesal

Trump saat menjadi Presiden AS telah memberlakukan tarif impor daratan senilai lebih dari USD300 miliar, dengan mengatakan bahwa langkah ini akan memangkas defisit perdagangan AS dengan China sekaligus meningkatkan pertumbuhan lapangan kerja AS. Jika terpilih kembali, Trump mengancam akan menerapkan pajak 10 persen untuk semua barang asing dan tarif hingga 60 persen untuk barang-barang China.

Studi PIIE menganalisis dua skenario gabungan untuk menggambarkan hasil potensial jika Trump menerapkan beberapa kebijakan yang dijanjikannya secara bersamaan. Dalam skenario rendah, 1,3 juta imigran tidak berdokumen akan dideportasi, tarif akan diterapkan tetapi negara-negara lain akan menahan diri untuk tidak membalas tarif administrasi Trump dan independensi Fed akan terganggu.

Dalam skenario besar, kenaikan tarif yang sama akan terjadi, tetapi kali ini negara-negara akan membalas dengan 8,3 juta pekerja akan dideportasi dan Fed akan dipolitisasi. "Kedua skenario ini menyebabkan dorongan inflasi yang besar dan penurunan yang signifikan pada lapangan kerja AS, terutama di sektor manufaktur dan pertanian," kata laporan tersebut dikutip dari SCMP, Jumat (27/9/2024).

"Skenario-skenario ini berbeda terutama dalam hal besarnya kerusakan yang terjadi pada rumah tangga, perusahaan, dan ekonomi secara keseluruhan."

Proyeksi PIIE diukur sebagai deviasi dari garis dasar AS antara tahun 2025 hingga 2040 dengan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) riil tahunan rata-rata 1,9 persen, pertumbuhan lapangan kerja tahunan sebesar 1,5 persen, dan inflasi tahunan sebesar 1,9 persen.

Menurut temuan tersebut, pada akhir masa jabatan empat tahun Trump di 2028, PDB riil AS dengan nilai total barang yang diproduksi dalam setahun akan merosot 2,8 persen dibandingkan dengan baseline dalam skenario rendah, dengan kontraksi 9,7 persen dalam skenario tinggi.

Meskipun PDB akan pulih sedikit setelahnya, PIIE menemukan, PDB diperkirakan akan tetap lebih rendah daripada baseline hingga tahun 2040.

Demikian pula, lapangan kerja AS akan berkisar antara 2,7 dan 9 persen di bawah garis dasar pada 2028 dan akan berkisar antara 0,4 dan 3,4 persen lebih rendah dari garis dasar pada tahun 2040. Untuk konsumen Amerika, inflasi pada 2026 akan melonjak antara 4,1 poin persentase dalam skenario rendah dan 7,4 dalam skenario tinggi relatif terhadap baseline. "Pada 2028, harga-harga konsumen AS secara umum akan naik antara 20 dan 28 persen," kata laporan tersebut.

Baca Juga: Rusia dan Trump Sepakat: Dedolarisasi Bakal Runtuhkan Ekonomi ASStudi ini menemukan bahwa jika China memilih untuk membalas, PDB AS akan turun lebih dari 0,2 persen di bawah garis dasar pada 2026 dan inflasi akan naik 0,6 poin persentase pada tahun 2025. Dan jika pemerintah negara lain membalas dalam bentuk barang terhadap tarif 10 persen, inflasi akan meningkat 1,3 poin persentase di atas garis dasar pada tahun 2025.

Sebagai hasil dari perang dagang, PIIE mengatakan, semua mitra dagang utama AS, termasuk Kanada, Jerman, Jepang, dan Meksiko, akan mengalami PDB yang lebih rendah dibandingkan dengan garis dasar mereka hingga tahun 2040.

Biro Analisis Ekonomi AS melaporkan, pada tahun lalu, Meksiko mengambil alih posisi China untuk menjadi eksportir barang terbesar ke AS. AS mengimpor total USD427,2 miliar dari China tahun lalu, turun hampir 20 dari tahun sebelumnya. China kini menjadi pasar ekspor terbesar ketiga bagi AS, setelah Kanada dan Meksiko.

Topik Menarik