7 Tokoh Penting Hizbullah Paling Diburu Israel, Siapa Saja?

7 Tokoh Penting Hizbullah Paling Diburu Israel, Siapa Saja?

Global | sindonews | Senin, 23 September 2024 - 15:40
share

Ada sejumlah tokoh Hizbullah Lebanon yang paling diburu Israel. Salah satunya Hassan Nasrallah yang saat ini menjadi sekretaris jenderal (sekjen) kelompok tersebut.

Baru-baru ini, Hizbullah kembali kehilangan beberapa anggota penting karena tewas oleh serangan udara Israel di Lebanon. Salah satunya Ibrahim Aqil, Komandan Pasukan Radwan—pasukan khusus Hizbullah.

Israel bertekad untuk terus menargetkan para tokoh Hizbullah sebagai upayanya untuk melemahkan kelompok yang didukung Iran tersebut.

Baca Juga: Israel dan Hizbullah Saling Serang Ratusan Rudal, di Ambang Perang Habis-habisan

7 Tokoh Hizbullah Lebanon Paling Diburu Israel

1. Hassan Nasrallah

Jabatan: Sekretaris Jenderal (Sekjen)

Struktur organisasi Hizbullah memang misterius. Namun, Hassan Nasrallah yang menjadi Sekjen sering disebut sebagai pemimpin tertinggi kelompok tersebut.

Sebagai pentolan utama, Nasrallah berada di puncak target buruan Israel. Ulama Syiah kenamaan Lebanon ini telah memimpin Hizbullah sejak 1992, tepatnya setelah menggantikan pendahulunya yang dibunuh Israel; Abbas Al Musawi.

Selama memimpin, Nasrallah telah membawa Hizbullah menjelma menjadi kelompok militan besar di dunia. Dengan memiliki banyak anggotanya yang loyal, Nasrallah dikenal sebagai sosok pemberani yang tak gentar melawan Israel dan sekutunya.

2. Naim Qassem

Jabatan: Wakil Sekretaris Jenderal

Naim Qassem adalah Wakil Sekretaris Jenderal Hizbullah atau orang nomor dua di kelompok tersebut.

Sebagaimana Nasrallah, Qassem juga dikenal sebagai ulama Syiah ternama di Lebanon. Sebelum menjadi bagian Hizbullah, dia pernah bergabung dengan gerakan Amal yang dikomandoi Imam Musa Sadr.

Selain menjadi wakil Nasrallah, Qassem juga berstatus anggota Dewan Syura Hizbullah. Dia bertanggung jawab untuk mengawasi kegiatan Parlemen dan pemerintahan Lebanon.

3. Hussein Khalil

Jabatan: Penasihat Politik Sekjen Hizbullah

Berikutnya ada Hussein al-Khalil. Dia tercatat sebagai salah satu tokoh senior Hizbullah.

Jabatan penasihat Sekjen Hassan Nasrallah didapat Hussein sejak 1995. Dia sering bertindak sebagai perwakilan pribadi Nasrallah dalam pertemuan dengan pejabat publik, politik, agama hingga media.

4. Mohammad Yazbek

Jabatan: Ketua Majelis Yudisial

Sheikh Mohammad Yazbek menjabat Ketua Majelis Yudisial Hizbullah. Dia memimpin Dewan Peradilan Hizbullah dengan memberlakukan hukum Islam.

Pada 1995, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei secara pribadi pernah menunjuk Yazbek sebagai wakil syar'i-nya di Lebanon. Selain itu, Yazbek sekarang juga bagian dari Dewan Syura Hizbullah.

5. Ibrahim Amin al-Sayyad

Jabatan: Ketua Dewan Politik

Ibrahim Amin al-Sayyad adalah anggota Dewan Syura yang juga Ketua Dewan Politik Hizbullah.

Sempat dikenal sebagai “Politbiro”, namanya diganti menjadi "Dewan Politik” untuk memperluas yurisdiksinya. Tugasnya bukan sebagai pembuat keputusan, melainkan penasihat yang membantu Sekretaris Jenderal dan Dewan Syura dalam menentukan kebijakan.

6. Hashem Safieddine

Jabatan: Ketua Dewan Eksekutif

Hashem Safieddine adalah salah satu anggota tertua Hizbullah. Dia memimpin Dewan Eksekutif yang tugasnya mengelola operasi harian serta pengawasan urusan budaya, sosial, dan politik kelompok tersebut.

Saffiedine memegang kekuasaan yang cukup besar di Hizbullah. Dia mengendalikan semua isu sensitif sehari-hari, termasuk mengelola berbagai badan dan organisasi partai, dana hingga investasi.

7. Mohammad Raad

Jabatan: Anggota Parlemen Lebanon dan Anggota Dewan Syuro Hizbullah

Dia dulunya adalah pengikut Imam Musa al-Sadr. Sekarang, Raad menjadi anggota Dewan Syuro Hizbullah dan anggota Parlemen Lebanon dari faksi Hizbullah.

Topik Menarik