Suswono Pastikan Bakal Perbanyak Ruang Terbuka Hijau di Jakarta

Suswono Pastikan Bakal Perbanyak Ruang Terbuka Hijau di Jakarta

Terkini | sindonews | Sabtu, 21 September 2024 - 09:43
share

Pasangan Cagub-Cawagub Jakarta Ridwan Kamil-Suswono bakal meneruskan semua program gubernur sebelumnya yang bermanfaat bagi masyarakat Jakarta. Salah satunya, memperbanyak Ruang Terbuka Hijau (RTH) hingga penanaman pohon.

"Saya kira pertama tadi soal ruang terbuka hijau yang sudah ada, apalagi kalau sudah ada target-target yang sudah ditentukan dan tentu kami akan meneruskan. Termasuk program baik untuk masyarakat dari Pak Anies, dari Pak Ahok, Pak Jokowi, Pak Djarot, Pak Foke, dan seterusnya," ujar Cawagub Suswono di Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (21/9/2024).

Menurutnya, program-program para gubernur sebelumnya yang baik dalam mengantisipasi persoalan Jakarta yang kompleks pun bakal dilanjutkan. Bahkan, persoalan seperti kemacetan, banjir, hingga kawasan kumuh pun bakal dilakukan pembenahan ke depannya. "Jadi, target kami menjadikan rakyat atau warga Jakarta itu lebih bahagia lah 5 tahun ke depan," tuturnya.

Baca juga: Serunya Cawagub Suswono Main Bareng Cucu di Tebet Eco Park

Satu di antaranya, memperbanyak ruang terbuka hijau seperti Tebet Eco Park. Pasalnya, ruang terbuka hijau itu sangat diminati warga Jakarta sehingga perlu diperbanyak.

"Ini adalah salah satu dari ruang terbuka hijau yang ternyata memang digandrungi oleh warga, memang area seperti ini perlu diperbanyak di Jakarta. Kita tahu Jakarta ini salah satu kota yang terpolusi di dunia, kalau tidak salah nomor tiga, makanya target dari pasangan Rido ini akan menghijaukan Jakarta dengan 3 kali lipat harapannya dari yang ada sekarang," paparnya.

Baca juga: Jenderal Kopassus Ini Bertaruh Nyawa Menyamar Jadi Kuli Pasar demi Memata-matai Musuh

Suswono menambahkan, selain memperbanyak ruang terbuka hijau, penanaman pohonan di Jakarta pun harus diperbanyak sekaligus untuk mengantisipasi polusi udara di Jakarta ini. Sehingga, dalam waktu 3 tahun ke depan, tak ada jalanan yang tak ada pohonannya.

"Targetnya mungkin nanti setahun 1 juta pohon, mudah-mudahan bisa ditanam di Jakarta ini. Nanti 3 tahun ke depan tidak ada jalan yang tidak ada tanaman pohonnya, mungkin nanti juga harapannya gedung-gedung tinggi itu juga bisa menanam pohon di atap ya, ini kan juga pasti akan mengurangi polusi Jakarta," katanya.

"Dengan tanaman yang cukup banyak, dengan sendiri akan menurunkan suhu Jakarta. Jadi tidak terlalu panas. Ada area-area yang tentu saja sangat menjadikan rakyat Jakarta memanfaatkan," tambah Suswono.

Topik Menarik