Kebangkitan Jaime Munguia usai Rekor Tak Terkalahkan Dirusak Canelo

Kebangkitan Jaime Munguia usai Rekor Tak Terkalahkan Dirusak Canelo

Olahraga | sindonews | Jum'at, 20 September 2024 - 08:10
share

Kebangkitan Jaime Munguia setelah rekor tak terkalahkan dirusak Saul Canelo Alvarez dengan menjanjikan versi baru dan lebih baik dari dirinya setelah kembali dilatih legenda tinju Erik Morales. Jaime Munguia ingin memamerkan jati dirinya yang baru, Jumat malam ini, saat ia menghadapi Erik Bazinyan di Desert Diamond Arena, Glendale, Arizona, yang menjadi puncak dari kartu pertandingan Top Rank di ESPN.

Penantang kelas menengah super itu ingin kembali ke jalur kemenangan setelah mengalami kekalahan pertama dalam kariernya melawan rekan senegaranya dari Meksiko, Saul Canelo Alvarez, pada bulan Mei lalu. Jaime Munguia akan menghadapi laga melawan petinju Armenia, Bazinyan (32-0-1, 23 KO) dengan kembali ke kondisi yang sama.

Baca Juga: Jaime Munguia Kecam Canelo Seret Namanya usai Gagal KO Berlanga

Jaime Munguia telah mempersiapkan debut promosionalnya di Top Rank dengan bertemu kembali dengan petinju Hall of Fame yang kini menjadi pelatihnya, Erik Morales. Munguia beristirahat sejenak dari Morales, pelatih kepalanya sejak tahun 2019, akhir tahun lalu karena kewajiban politik Morales dan bergabung bersama pelatih Hall of Fame Freddie Roach.

Jaime Munguia tampil luar biasa dalam pertarungan pertama mereka pada bulan Januari, dengan menjatuhkan John Ryder empat kali sebelum meraih kemenangan di ronde kesembilan. Namun, dalam kesempatan yang menentukan kariernya, Munguia lah yang terjatuh. Meski terkena knockdown pada ronde keempat, Munguia tetap melintasi garis akhir.

Dalam kekalahannya, pria asal Tijuana, Meksiko ini menyadari bahwa berlatih di Hollywood, California di sasana Roach's Wild Card Boxing tidaklah sama dengan di Pegunungan Big Bear, San Bernardino, yang berjarak dua jam perjalanan pada ketinggian hampir 6.700 kaki. Maka Munguia kembali ke padang gurun pegunungan yang terpencil ke sasana terkenal yang dibelinya tahun lalu dari Abel Sanchez, mantan pelatih Gennadiy Golovkin.

''Kami harus melakukan perubahan setelah pertarungan melawan Alvarez,” kata Munguia kepada BoxingScene melalui seorang penerjemah bahasa Spanyol.

''Saya tidak senang dengan hasilnya. Saya pikir berlatih di ketinggian akan membantu dalam pertarungan itu... Kami ingin kembali ke ketinggian, jadi pada dasarnya, itulah [alasan saya meninggalkan Roach]. Ketinggian adalah keuntungan ekstra selama latihan. Freddie adalah pelatih yang hebat dan orang yang hebat, tetapi dia benar-benar tidak meninggalkan Los Angeles. Kami ingin kembali ke ketinggian. Dengan Erik Morales, kami telah menyatu dengan sangat baik dan kami sudah saling mengenal selama lima tahun. Kami adalah tim yang hebat. Sekarang kami berada di sini, dan saya menantikan pertarungan hebat lainnya melawan Bazinyan.”

Baca Juga: Anthony Joshua: Mengungkap 5 Momen Masa Lalu hingga Kejayaan

Canelo Alvarez mengklaim bahwa ia menggendong Munguia untuk menyelamatkannya dari rasa malu, namun Munguia telah mematahkan mitos tersebut. Setelah awal yang kuat, Munguia melemah dan kalah dalam sembilan ronde terakhir dengan dua dari tiga kartu penilaian, sementara juri lain hanya memberinya satu ronde tambahan. ''Saya selalu melihat Canelo sebagai petarung kuat yang mempersiapkan diri dengan sangat baik,” kata Munguia.

''Ini adalah pertarungan yang luar biasa bagi para penggemar, dan jelas saya akan terus belajar dan menyesuaikan diri. Setiap hari kami bekerja keras, maka jika laga itu terjadi lagi, saya akan mengangkat tangan saya.”

Munguia ingin bangkit kembali saat melawan Bazinyan untuk memposisikan dirinya dengan lebih baik dalam laga yang lebih besar di kelas 76,2 kg melawan para petarung seperti Edgar Berlanga, Caleb Plant, Christian Mbilli dan Diego Pacheco. “Ada banyak pertarungan bagus di divisi ini,” kata Munguia.

Topik Menarik