Waspada! 4 Gunung Api di Indonesia Ini Berstatus Siaga, Ini Daftarnya

Waspada! 4 Gunung Api di Indonesia Ini Berstatus Siaga, Ini Daftarnya

Berita Utama | sindonews | Selasa, 17 September 2024 - 14:00
share

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan hingga pertengahan September 2024, masih ada 4 gunung api di Indonesia yang berstatus level III atau siaga.

“Gunung api pada tingkat aktivitas level III atau siaga itu sebanyak 4 gunung api yaitu gunung Ibu, gunung Lewotobi Laki-laki, Gunung Awu dan gunung Merapi,” ungkap Kepala PVMBG, Hadi Wijaya dalam Ngopi Bareng: Waspada di Balik Pesona Gunung Api, Selasa (17/9/2024).

“Ini keempatnya di provinsi yang berbeda Gunung Ibu itu di Provinsi Maluku Utara, Gunung Lewotobi Laki-laki di Nusa Tenggara Timur NTT, Gunung Awu di Sulawesi Utara, dan gunung Merapi di DIY,” kata Hadi.

Baca juga: Aktivitas Gunung Merapi Meningkat, Kepala BNPB: Tenang, Masih Aman!

Hadi juga melaporkan, saat ini ada 20 gunung api yang masih berada di level II atau waspada. Selanjutnya, sebanyak 44 gunung api yang berada pada tingkat aktivitas level I atau normal.

“Gunung api level dua atau level waspada itu sebanyak 20 gunung api yang secara kegempaannya pun masih tinggi. Kemudian tentang gunung api yang normal atau level 1 itu sebanyak 44 gunung api, yang kondisinya belum menunjukkan adanya peningkatan aktivitas,” ungkapnya.

“Alhamdulillah tercatat jumlah tersebut tidak ada korban harta dan jiwa pada aktivitas gunung api baik di level 3, 2 dan 1. Selain itu, kami lakukan koordinasi dengan lintas Kementerian lembaga tersebut Pemda,” kata Hadi.

Topik Menarik