Peringkat Petinju Kelas Berat Terbaik di Abad ke-21, Siapa Lebih Hebat?

Peringkat Petinju Kelas Berat Terbaik di Abad ke-21, Siapa Lebih Hebat?

Berita Utama | sindonews | Selasa, 17 September 2024 - 13:32
share

Peringkat petinju Kelas Berat terbaik di Abad ke-21 yang mengguncang jaga tinju dunia. Inilah waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan ke masa lalu dan merefleksikan kembali para petinju kelas berat terbaik dalam 24 tahun terakhir. Mari kita bahas salah satu pertarungan kelas berat yang paling menarik dalam sejarah.

Tingkat I - Para Legenda di Era Ini

Lennox Lewis berada di kelasnya sendiri - dan dapat dikatakan sebagai salah satu dari lima petinju kelas berat terbaik sepanjang masa. Pukulan jab-nya? Bayangkan Larry Holmes, namun dengan peningkatan dan selalu diulang-ulang.

Lewis bukan hanya sekedar pamer, namun ia ingin menyelesaikannya. Dengan tinggi badan 195 cm, ia menggabungkan ukuran, kekuatan, dan bimbingan mendiang Emanuel Steward untuk mendominasi eranya, yang jika dilihat kembali, merupakan era yang bagus. Jangan lupakan ketangguhannya: setelah dikalahkan oleh Oliver McCall pada tahun 1994, ia kembali untuk menghentikan McCall tiga tahun kemudian.

Baca Juga: Rekor Edgar Berlanga Dirusak Canelo, Eddie Hearn: Dia Bintang Besar

Kisah yang sama dengan Hasim Rahman - Lewis membalas KO tersebut dengan salah satu penampilan terbaik sepanjang masa. Resumenya sangat kuat: Frank Bruno, Evander Holyfield, Vitali Klitschko, David Tua, Shannon Briggs, Razor Ruddock dan Mike Tyson yang sudah tidak lagi menjadi petinju terbaiknya termasuk di antara korban-korbannya yang paling hebat. Dalam lanskap kelas berat yang penuh sesak, Lewis berkuasa.

Oleksandr Usyk mungkin adalah petinju kelas penjelajah terbaik yang pernah ada, dengan hanya Evander Holyfield yang mungkin menjadi saingannya untuk mahkota mitos tersebut. Usyk merebut semua sabuk juara kelas penjelajah, lalu mengejutkan Anthony Joshua pada tahun 2021 untuk memenangkan tiga dari empat gelar kelas berat utama, sebuah kemenangan yang ia ulangi pada tahun berikutnya.

Kiprahnya di tahun 2024 semakin melegenda saat ia mengungguli Tyson Fury yang tak terkalahkan dalam sebuah pertarungan untuk mengukuhkan statusnya sebagai petinju terbaik di divisi ini. Warisan Usyk? Dibangun di atas ketabahan. Dia tidak pernah menghindar dari tantangan, membuat karirnya menjadi salah satu yang terbaik sepanjang masa, dan memenangkan banyak pertarungannya yang paling berarti di kandang lawan.

Klitschko bersaudara bagaikan Raksasa San Francisco di awal tahun 2010-an - sebuah dinasti. Vitali dan Wladimir mendominasi, masing-masing dengan caranya sendiri. Vitali lebih menarik, sementara masa pemerintahan Wladimir menunjukkan konsistensi. Vitali pensiun dengan sabuk WBC pada tahun 2013 setelah dua kali tak terkalahkan, sementara Wladimir mempertahankan gelarnya dari tahun 2006 hingga 2015, ketika ia dikalahkan oleh Tyson Fury. Bersama-sama, keluarga Klitschko mendefinisikan sebuah era, karena banyak yang melihat mereka sebagai yang terbaik di abad ini.

Lalu ada Tyson Fury - teka-teki divisi ini. Dia melengserkan Wladimir Klitschko ketika tidak ada yang mengira itu mungkin, menghilang setelah gagal dalam tes PED, dan kemudian kembali bertarung melawan Deontay Wilder setelah dua kemenangan yang tidak mencolok di tahun 2018. Fury berhasil menahan imbang Wilder dan memukul KO dua kali dalam pertandingan trilogi mereka.

Namun Fury tampil tidak konsisten akhir-akhir ini, dan setelah penampilan yang kurang baik - termasuk dijatuhkan oleh petarung MMA dan debutan tinju Francis Ngannou - ia akhirnya menghadapi Usyk dalam pertarungan yang mungkin akan menjadi pertarungan terbaik tahun ini. Meskipun kalah, itu adalah pertarungan yang menentukan era yang mengingatkan kita mengapa Fury layak berada di peringkat teratas.

Tingkat II - Bukan Yang Terbaik, Tapi Mendekati

Anthony Joshua. Setelah meraih medali emas Olimpiade, ia kemudian memenangkan tiga dari empat gelar juara dunia, mengalahkan orang-orang seperti Wladimir Klitschko, Joseph Parker, dan Alexander Povetkin. Kekalahan KO yang mengejutkan dari Andy Ruiz pada tahun 2019 berhasil dibalaskan, Kubrat Pulev kemudian dikalahkan sebelum ia kalah dua kali dari Usyk. Kini, dengan Ben Davison di pojok ring, Joshua berharap kemenangan atas Daniel Dubois akan membantunya mengukuhkan warisannya saat ia tampil sebaik mungkin dalam empat kemenangan beruntun saat ini.

Joseph Parker, sang anak yang kembali. Dia memenangkan gelar WBO yang masih kosong melawan Andy Ruiz yang tak terkalahkan, menekan Anthony Joshua, dan kalah dari Dillian Whyte setelah sebuah pukulan ke arah kepala yang mengubah jalannya pertandingan. Ketika ia kalah dari Joe Joyce pada tahun 2022, kariernya di kelas berat tampaknya telah berakhir... Kemudian ia bangkit kembali dengan penuh percaya diri, dengan mengalahkan Deontay Wilder pada bulan Desember 2023 dan Zhilei Zhang empat bulan kemudian. Beberapa kemenangan besar lagi akan membuat posisinya melambung tinggi.

Chris Byrd, sang jenius yang terlupakan. Byrd mengalahkan Evander Holyfield, David Tua dan merupakan salah satu dari dua orang yang mengalahkan Vitali Klitschko yang hebat, semuanya dengan ukuran tubuh yang lebih kecil. Dia tidak memiliki kekuatan KO, namun dia memiliki otak - dan hal ini membawanya melewati beberapa nama besar di divisi ini.

Dari juara kelas menengah hingga kelas berat (terima kasih, John Ruiz), karier Roy Jones Jr. sangat legendaris. Namun, kejatuhannya juga sama dramatisnya, ia dipukul KO oleh Antonio Tarver dan Glen Johnson saat kembali turun divisi. Tetap saja, kecemerlangannya tetap tak terbantahkan, dan walau petualangannya di divisi heavyweight sangat singkat, ia tak pernah kalah dalam divisi ini.

Tingkat III - Kelompok Pengejar

Petinju dengan wildcard tertinggi mungkin adalah Deontay Wilder. KO brutal dan trilogi kemenangannya atas Fury menentukan kariernya, dan meskipun masa kejayaannya tidak stabil dan penampilannya akhir-akhir ini kurang baik, posisinya sebagai salah satu pemukul terkuat dalam tinju tetap aman.

David Haye mungkin tidak dapat menyamai kesuksesannya di kelas penjelajah di kelas berat, namun ia merupakan petinju terbaik di Inggris sebelum kebangkitan Anthony Joshua. Saat ia naik ke kelas berat, Haye membuat dampak besar dengan mengalahkan pemegang gelar yang solid, Nikolai Valuev, melalui keputusan mayoritas dalam pertandingan tandang di Jerman, dan ia melakukan apa yang dilakukan oleh banyak petinju kelas berat yang populer - meng-KO John Ruiz yang 'membosankan namun efektif'.

Kekalahannya dari Wladimir Klitschko merupakan pukulan telak bagi para penggemar Inggris, dan meskipun tidak ada yang akan menganggap pertarungannya melawan Audley Harrison sebagai pertarungan yang menonjol karena kualitasnya, namun hal itu terlihat penting pada saat itu. Dia juga menjual habis stadion sepak bola saat dia memukul KO Derek Chisora dalam sebuah pertandingan yang menyenangkan. Singkatnya, Haye adalah seorang bintang.

Daniel Dubois memasuki pertarungan Sabtu malam ini dengan kesempatan untuk meningkatkan statusnya. Dihentikan oleh Joe Joyce dan Usyk, Dubois bangkit kembali dengan kemenangan atas Jarrell Miller dan Filip Hrgovic. Hari Sabtu akan menjadi momen yang menentukan.

Martin Bakole adalah salah satu rahasia terbaik di era ini. Satu-satunya kekalahannya dari Michael Hunter bukanlah hal yang memalukan, dan KO-nya atas Jared Anderson membuat semua orang menantikan apa yang akan terjadi selanjutnya.

Hasim Rahman akan selalu dikenang atas KO besar atas Lennox Lewis pada tahun 2001. Walau Lewis berhasil membalas dendam, Rahman mengukir namanya dalam sejarah divisi heavyweight dengan satu pukulan itu.

Andy Ruiz Jr. berada di jalur yang tepat untuk menjadi “apa yang seharusnya” dalam dunia tinju. Setelah kemenangan KO mengejutkan atas Joshua, kurangnya fokus dari Ruiz membuatnya kalah dalam pertandingan ulang. Comebacknya baru-baru ini menghasilkan hasil imbang melawan Jarrell Miller, dan kariernya yang dulu bersinar telah meredup.

Alexander Povetkin adalah peraih medali emas Olimpiade yang tidak pernah lepas dari bayang-bayang Wladimir Klitschko. Tes narkoba yang gagal tidak membantu, namun pengaruh Povetkin masih terasa.

Zhang Zhilei membuat kejutan dengan dua kemenangan KO atas Joe Joyce. KO-nya atas Deontay Wilder di bulan Maret sangatlah brutal, meskipun kekalahannya atas Parker mungkin menjadi yang paling mengejutkan.

Tingkat IV - Yang Solid, Namun Kalah

Luis Ortiz sering kali berada di ambang kejayaan kelas berat, namun Deontay Wilder dua kali menggagalkannya, dan menghentikan mimpinya untuk menjadi juara dunia. Dua kali menghadapi Wilder, Ortiz hampir saja menang, namun kekuatan Wilder pada akhirnya menghentikannya. Warisan Ortiz semakin rusak dengan kebiasaannya yang selalu gagal dalam tes PED.

David Tua, pemukul menakutkan yang tidak pernah berhasil. Rekaman pertandingannya sangat mengesankan, namun tidak termasuk 12 ronde di mana ia kalah KO. Mungkin pada saat-saat terbaiknya di akhir abad terakhir.

Michael Hunter telah bermain-main dengan para petinju papan atas, dengan satu-satunya kekalahan yang dideritanya dari Usyk di kelas penjelajah. Namun, kini ia terlihat mulai memudar, dan karirnya membutuhkan sebuah kemenangan yang menentukan sebelum waktunya habis.

Baca Juga: Mike Tyson vs Jake Paul Bikin Heboh Pertandingan NFL di Stadion Cowboys

John Ruiz adalah seorang atlet kelas berat yang solid namun tidak spektakuler. Gaya jab-and-grab-nya tidak mudah dilihat, dan kekalahan KO melukai warisannya.

Nikolai Valuev, dengan jangkauan 85 inci - lebih panjang dari apa yang (saya yakin) dapat dibuat oleh video game Fight Night - bukanlah pria kecil. Dijuluki “Raksasa Rusia,” Valuev adalah sosok yang memiliki tinggi badan tujuh kaki dan memegang gelar juara kelas berat WBA dalam dua kali masa jabatan.

Ruslan Chagaev, seorang petarung dengan kemampuan teknis yang tidak pernah mendapatkan haknya. Ia mungkin akan diingat jika rekan senegaranya, Bakhodir Jalolov, membuat kejutan.

Lamon Brewster berubah dari menjanjikan menjadi terlupakan, namun merupakan salah satu dari sedikit petinju yang mampu mengalahkan Wladimir Klitschko.

Corrie Sanders adalah yang lainnya. Dia dapat memukul, namun dagunya tidak kuat, dengan semua kekalahannya terjadi melalui KO melawan nama-nama besar.

Tingkat V - Para Bintang Baru

Resume Bakhodir Jalolov menunjukkan potensi untuk masuk ke dalam Hall of Fame, namun karier profesionalnya masih terasa seperti terjebak di titik netral. Jalolov adalah satu-satunya peraih medali emas Olimpiade dua kali dalam divisi super heavyweight, dan anehnya, ia memenangkan keduanya saat masih menjadi petarung profesional.

Fakta itu sendiri telah membayangi dominasinya dalam tinju amatir, di mana ia dianggap sebagai yang terbaik selama hampir enam tahun - sementara juga mendapatkan cek pro sebagai sampingan. Aneh, bukan? Pada usia 30 tahun, Jalolov memiliki rekor sempurna (14-0, 14 KO), namun karier profesionalnya tidak berkembang seperti yang anda harapkan untuk seorang petarung dengan silsilahnya. Waktu terus berjalan...

Richard Torrez Jr. membawa obor sebagai petinju kelas berat AS teratas di kelas amatir selama bertahun-tahun setelah Olimpiade Rio 2016. Dengan tinggi badan hanya 187 cm, ia lebih terlihat seperti seorang petinju kelas menengah super modern daripada seorang petinju kelas berat. Ia akan menghadapi petarung veteran asal Philly, Joey Dawejko, pada Jumat malam dalam laga pendukung utama, sebuah langkah maju bagi karier profesionalnya yang masih sangat muda.

Walau Torrez belum pernah menghadapi kompetisi elit sebagai atlet profesional, kredensial amatirnya menunjukkan bahwa ia dapat berkembang di liga-liga besar - kecuali satu hal yang menjadi sorotan: Pada tahun 2019, sebelum Uji Coba Olimpiade, Jalolov dengan brutal menjatuhkannya, sebuah momen yang masih membekas bagi beberapa penggemar laga hampir lima tahun kemudian.

Moses Ituama baru berusia 19 tahun, namun potensinya membuat banyak orang membicarakannya. Tak terkalahkan dan berada di jalur yang tepat untuk meraih kejayaan, ia masuk dalam daftar yang menjanjikan. Jared Anderson mungkin kalah dari Bakole, namun ia belum habis. Masa depannya akan bergantung pada bagaimana ia menangani petarung yang lebih besar dalam divisi ini, serta motivasinya dalam bertarung secara umum.

Topik Menarik