5 Rekomendasi Wisata Edukasi di Jakarta, Salah Satunya Museum Layang-layang

5 Rekomendasi Wisata Edukasi di Jakarta, Salah Satunya Museum Layang-layang

Berita Utama | sindonews | Senin, 16 September 2024 - 09:00
share

JAKARTA - Rekomendasi wisata edukasi di Jakarta bisa menjadi pilihan untuk menikmati libur panjang atau long weekend bersama keluarga.

Tidak perlu pusing jika ingin berpergian menikmati libur panjang tanpa terkena kemacetan, seperti Puncak, Bogor, Anda bisa menikmati destinasi wisata di Jakarta seperti museum yang menjadi wisata edukasi.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Pilihan di Tegal, Masuk Curug Jedor cuma Rp5 Ribu

Penasaran, museum apa saja di Jakarta yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga dan anak saat libur panjang ini?

Rekomendasi Wisata Edukasi di Jakarta

1. Museum Layang-layang

Museum Layang-layang terletak di Jalan H. Kamang, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Selain menyediakan informasi tentang layang-layang, museum ini juga menyediakan kegiatan pendukung, seperti melukis payung, melukis kaos, melukis wayang mini, membatik, membuat dan mewarnai layang-layang.

Museum Layang-layang juga menyakikan aktovitas seru lainnya untuk anak-anak. Tentu tempat ini juga bisa menambah keceriaan sekaligus menambah wawasan mereka di libur panjang.

2. Museum Macan

Pertama Museum Macan yang berlokasi di Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Museum Macan menghadirkan karya seni modern dan kontemporer yang signifikan dan terus berkembang dari Indonesia dan seluruh dunia

Sedikit berbeda dengan museum lainnya, Museum Macan menghadirkan interior bangunan yang modern dan kekinian. Museum ini memiliki program pameran dan acara yang bisa diikuti para pengunjung khususnya di momen libur akhir pekan ini.

Untuk masuk Museum Macan, Anda perlu membayar tiket seharga Rp70 ribu untuk dewasa, Rp60 ribu untuk pelajar dan Rp50 ribu untuk anak-anak usia 3-12 tahun.

3. Museum Nasional

Kemudian Museum Nasional yang menghadirkan edukasi tentang sejarah Indonesia dan Belanda. Tempar ini berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat.

Museum Nasional bernaung di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk menikmati akhir pekan di sini, Anda hanha merogoh kocek sebesar Rp15 ribu untuk tiket masuk.

4. Museum Fatahilah

Museum Fatahilah juga bisa jadi destinasi liburan long weekend. Museum ini berlokasi di Jalan Taman Fatahilah, Jakarta Barat dan jadi salah satu museum bersejarah dan sering dikunjungi wisatawan.

Museum ini memberikan wawasan tentang berbagai pengaruh yang telah membentuk kota ini, termasuk budaya asli, kerajaan Hindu-Buddha, kesultanan Islam, dan masa kolonial.

Interior museum ini juga khas bangunan Belanda yang vintage. Untuk menikmati museum ini, harga tiketnya pun cukup terjangkau yakni Rp10 ribu di weekday dan Rp15 ribu di akhir pekan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata dan Kuliner di Bandung, Murah Meriah!

5. Galeri Nasional

Galeri Nasional merupakan museum seni rupa modern dan kontemporer Indonesia di bawah naungan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. GNI ini berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat.

Museum satu ini juga memiliki pesona tersendiri. Gedung GNI memiliki ciri khas arsitektural kolonial Belanda yang indah. Untuk menikmati karya seni di Galeri Nasional, Anda tidak perlu membayar tiket masuk karena tidak dipungut biaya.

Topik Menarik