HUT ke-79 TNI AL, Jenderal Agus Subiyanto: Transformasi Pertahanan Harus Dilanjutkan

HUT ke-79 TNI AL, Jenderal Agus Subiyanto: Transformasi Pertahanan Harus Dilanjutkan

Nasional | sindonews | Selasa, 10 September 2024 - 21:11
share

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memimpin upacara HUT ke-79 TNI AL di atas Geladak Heli KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 yang berlayar di Teluk Jakarta.

Peringatan HUT TNI AL kali ini mengusung tema "Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI AL Siap Mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju"

Panglima TNI mengapresisasi dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Laut atas profesionalitas, dedikasi, dan militansi dalam setiap pelaksanaan tugas.

Baca juga: HUT ke-79 TNI AL, Wapres Harap Semakin Solid Menjaga Garis Depan Laut Indonesia

“Rakyat dan bangsa Indonesia bangga memiliki Angkatan Laut yang profesional dan modern, sebagai penjaga kedaulatan bangsa dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta pelindung bangsa Indonesia dari segala ancaman dan gangguan, khususnya di wilayah laut Indonesia,” katanya, Selasa (10/9/2024).

Panglima TNI mengungkapkan, TNI Angkatan Laut sebagai simbol kejayaan kekuatan laut nasional hendaknya dapat bersikap adaptif terhadap segala perkembangan lingkungan strategis termasuk teknologi yang menyertainya demi keutuhan, persatuan, dan kesatuan bangsa.

Baca juga: Hadiri HUT Ke-79 TNI AL, Kapolri: Semoga Makin Profesional dan Solid

"Dalam menghadapi spektrum ancaman yang semakin luas, transformasi pertahanan harus terus dilanjutkan untuk meletakkan fondasi bagi pembentukan kapabilitas pertahanan modern yang memiliki sumber daya manusia berkualitas dan relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini," ujarnya.

Dalam perayaan tersebut, TNI AL menampilkan berbagai demonstrasi di antaranya atraksi udara dari Tim Rajawali Laut Flight (RaLF) Puspenerbal, serta flying pass dari unsur helikopter dan pesawat udara milik TNI AL.

Selain itu dikerahkan juga 33 KRI untuk melaksanakan sailling pass, mulai dari kapal perang tipe Multi Role Light Frigate (MLRF), PKR, Sigma, kapal layar legendaris KRI Dewa Ruci, combat boat serta KRI kelas Landing Platform Dock (LPD).

Hadir dalam acara tersebut di antaranya Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali, KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, KSAU Marsekal TNI Mohammad Tony Harjono.

Topik Menarik