Sempat Pilih Belanda, Mees Hilgers Cerita Jalan Panjang Gabung Timnas Indonesia

Sempat Pilih Belanda, Mees Hilgers Cerita Jalan Panjang Gabung Timnas Indonesia

Olahraga | sindonews | Minggu, 8 September 2024 - 11:12
share

Bek FC Twente, Mees Hilgers, mengungkapkan bahwa dirinya telah lama didekati oleh perwakilan PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia. Namun, baru belakangan ini ia memantapkan hati untuk bergabung dengan Skuad Garuda.

Hilgers, yang berposisi sebagai bek, akan menjalani proses naturalisasi guna menambah kekuatan Timnas Indonesia yang saat ini tengah berjuang di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

"Sejak saya masih bermain di Twente U-19, Indonesia sudah beberapa kali mendekati saya. Semua komunikasi dilakukan melalui agen saya saat itu, Fardy Bachdim. Jadi, hubungan ini sudah terjalin cukup lama," ujar Mees dalam wawancara di kanal YouTube FC Twente, Minggu (8/9/2024).

"Namun, pada waktu itu saya memutuskan untuk tidak langsung bergabung dengan Indonesia. Saya lebih memilih untuk bermain di tim junior Belanda," tambahnya.

Pemain berusia 23 tahun ini menegaskan bahwa keputusannya untuk menjalani proses naturalisasi sepenuhnya adalah kehendak pribadi, tanpa paksaan. Ia juga meminta agennya untuk berkoordinasi dengan PSSI terkait niatnya membela Timnas Indonesia.

"Seiring waktu, saya semakin tertarik dengan Indonesia. Saya mulai berpikir, 'Kenapa tidak? Mengapa saya tidak bermain untuk Timnas Indonesia?'. Kontak dengan Fardy tetap berlanjut sejak dia menjadi agen saya," katanya.

"Saya akhirnya mengirim pesan yang menyatakan bahwa saya ingin bergabung dengan Timnas Indonesia," lanjutnya.

PSSI pun menyambut baik keinginan Hilgers untuk segera menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Hilgers bersama PSSI bergerak cepat mengurus berbagai dokumen yang dibutuhkan untuk proses naturalisasi.

"Mereka sangat senang, bahkan tidak menyangka saya akan menghubungi mereka. Begitulah proses ini dimulai. Dalam waktu sekitar empat hari, semua dokumen untuk naturalisasi selesai," pungkasnya.

Dengan rampungnya proses naturalisasi, Mees Hilgers diharapkan segera dapat memperkuat lini pertahanan Timnas Indonesia dalam upaya meraih prestasi di kancah internasional.

Topik Menarik