8 PTS yang Membuka Jalur UTBK, Cek Kampus yang Masih Buka Pendaftaran

8 PTS yang Membuka Jalur UTBK, Cek Kampus yang Masih Buka Pendaftaran

Terkini | sindonews | Senin, 8 Juli 2024 - 14:55
share

Daftar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang membuka jalur UTBK penting diketahui calon mahasiswa baru (Camaba). Beberapa kampus pun masih membuka pendaftaran jalur UTBK.

Seiring dengan perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) semakin inovatif dalam menarik calon mahasiswa berkualitas. Salah satu langkah terbaru adalah membuka pendaftaran dengan menggunakan sertifikat Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK ).

Inisiatif ini memberikan peluang baru bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di PTS berkualitas.

Dengan menerima sertifikat UTBK , PTS memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa yang telah mengikuti ujian tersebut. Mereka tidak perlu mengikuti tes masuk tambahan, sehingga proses pendaftaran menjadi lebih sederhana dan efisien.

Sertifikat UTBK adalah hasil dari ujian yang telah terstandarisasi dan diakui secara nasional. Dengan menggunakan sertifikat ini sebagai salah satu syarat pendaftaran, PTS dapat menjaring calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang telah terukur.

Ini berpotensi meningkatkan kualitas input mahasiswa di PTS, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Tidak semua calon mahasiswa dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) meskipun memiliki nilai UTBK yang tinggi. Dengan adanya PTS yang menerima sertifikat UTBK, mereka memiliki alternatif pilihan yang tidak kalah berkualitas.

Ini memberikan kesempatan lebih besar bagi calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi tanpa harus mengorbankan kualitas pendidikan yang mereka terima.

8 PTS yang Membuka Jalur UTBK

1. Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI)

ULBI membuka jalur UTBK atau jalur tanpa tes khusus bagi peserta UTBK SNBT lulusan tahun 2020, 2021, 2022, 2023, atau 2-24 dengan persyaratan mengunggah sertifikat UTBK.

Pendaftaran untuk gelombang kedua dibuka 1 Juni hingga 30 Agustus 2024.

2. Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya

IIB Darmajaya membuka yang berada di Lampung ini membuka pendaftaran dengan nilai UTBK pada 12 Juni hingga 30 Agustus 2024. Ada 12 jurusan kuliah yang tersedia, di antaranya Akuntansi, Bisnis Digital, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, dan lainnya.

3. Universitas Islam Indonesia (UII)

UII membuka jalur UTBK mulai 13 Juni 2024. Biaya pendaftaranya Rp300.000. Calon peserta bisa memilih tiga program studi (kecuali jurusan Kedokteran). Penilaian dilakukan berdasarkan nilai 7 komponen pada sertifikat UTBK.

4. Universitas Trisakti

Jalur penerimaan mahasiswa baru jenjang sarjana dan diploma di Universitas Trisakti terbagi atas beberapa jalur, dan jalur UTBK adalah salah satunya.

Pendaftaran untuk semester gasal adalah 20 Juni 2024 sedangkan awal pendaftaran semester genap pada 1 November 2024.

5. Universitas Kristen Maranatha

Universitas Kristen Maranatha membuka jalur UTBK dalam program jalur beasiswa khusus. Jalur ini berlaku untuk semua jurusan.

Peserta pendaftar berkesempatan mendapatkan potongan biaya pangkal Rp 25.000.000 untuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi dan Rp 15,000.000 untuk Fakultas NON Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi.

6. Universitas Pancasila

Universitas Pancasila yang berada di Jakarta Selatan ini masih membuka pendaftaran jalur UTBK SNBT hingga 31 Agustus 2024.

7. Universitas Bakrie

Universitas yang sudah terakreditasi Unggul ini membuka jalur nilai UTBK hingga 15 Juli 2024. Jalur ini bebas biaya pendaftaran menggunakan kartu tanda peserta UTBK, tanpa tes seleksi, potongan uang pangkal, bebas SPP, dan potongan BPP semester pertama.

8. STIMIK AMIK Bandung

Dilihat dari laman resminya, STIMIK AMIK Bandung masih membuka program Beasiswa Nilai SNBT 2024. Calon mahasiswa bisa mendapatkan beasiswa kuliah 100 persen dengan hanya membayar biaya pendaftaran Rp100.000 dan melampirkan nilai UTBK SNBT Anda.

Demikian 8 PTS yang membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur UTBK . Kira-kira PTS mana lagi yang buka jalur pendaftaran UTBK? Tulis di kolom komentar ya.

Topik Menarik