Jalan Trans Papua Ruas Jayapura-Wamena Siap Dibangun, Nilainya Rp3,3 T

Jalan Trans Papua Ruas Jayapura-Wamena Siap Dibangun, Nilainya Rp3,3 T

Terkini | sindonews | Kamis, 4 Juli 2024 - 09:31
share

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan Penandatanganan Perjanjian Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Pembangunan Jalan Trans Papua Ruas Jayapura-Wamena Segmen Mamberamo-Elelim di Provinsi Papua Pegunungan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan jalan ini telah lama dicita-citakan sejak era pemerintahan Presiden Soeharto awal 1980-an untuk menghubungkan Jayapura-Wamena, terutama untuk logistik sehingga dapat mengurangi tingkat kemahalan barang dan jasa.

"Saya yakin dengan KPBU, InsyaAllah, jalan ini akan segera terwujud sehingga tingkat kemahalan barang dan jasa di Wamena dapat diturunkan dan kesejahteraan di Papua dan Papua Pegunungan dapat segera terwujud," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Kamis (3/7/2024).

Baca Juga:Jalan Trans-Papua Terendam Banjir, Ratusan Warga Antar Kabupaten Terjebak

Segmen Mamberamo-Elelim sepanjang 50,14 km yang akan dibangun dengan skema KPBU ini merupakan bagian dari ruas Jayapura-Wamena. Lingkup pembangunan meliputi jembatan, 1 unit pelaksana penimbangan bermotor, penanganan lereng dan tebing, serta O&M selama masa layanan.

Bentuk kerjasama proyek KPBU ini adalah Design-Build- Finance-Operate-Maintenance-Transfer dengan masa kerjasama selama 15 tahun (2 tahun masa konstruksi dan 13 tahun masa layanan) dengan pengembalian investasi melalui skema Availability Payment (AP). Dengan nilai investasi sebesar Rp3,3 triliun, proyek ini memperoleh penjaminan pemerintah dari PT PII.

Baca Juga: Diusung Perindo, Cabup Kabupaten Puncak Paniel Waker Akan Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur

"Terima kasih atas semangat kita bersama. Selamat bekerja, dan jangan main-main dengan KPBU ini," tegas Basuki.

Topik Menarik