Debat Capres AS: Trump Libas Biden yang Salah Ucap karena Faktor Usia

Debat Capres AS: Trump Libas Biden yang Salah Ucap karena Faktor Usia

Global | sindonews | Jum'at, 28 Juni 2024 - 11:33
share

Donald Trump dan Joe Biden saling berhadapan dalam debat perdana calon presiden (capres) Amerika Serikat (AS) Kamis waktu setempat atau Jumat (28/6/2024) WIB.

Salah satu ketakutan utama Partai Demokrat adalah bahwa Presiden Biden (capres petahana Partai Demokrat) akan menunjukkan tanda-tanda kelemahannya karena faktor usia. Itu terbukti, di mana Biden salah ucap dan langsung diserang Trump (mantan presiden dan capres Partai Republik)

Biden berusia 81 tahun, tiga tahun lebih tua dari Trump.

Debat hari ini merupakan debat pertama dari dua debat capres AS sebelum pemilu yang menentukan pada November mendatang.

Baca Juga: Biden dan Trump Debat Perdana Capres AS: Petahana Paling Sepuh vs Terdakwa

Namun, yang membuat para pendukung Biden kecewa karena sang presiden tersandung di awal debat—dan pada satu momen dia tampak bengong membeku di atas panggung.

Presiden Biden mengajukan pertanyaan tentang utang negara.

Dia mengatakan negara ini memiliki 1.000 miliarder dan jika mereka membayar 25 persen pajak, maka mereka akan menghasilkan USD500 juta untuk membantu melunasi utang tersebut.

Namun kemudian pembicaraan mulai mengarah ke selatan, dengan Biden bergumam dan berhenti berbicara sejenak.

“(Kami) memastikan bahwa kami dapat membuat setiap orang...eh, memenuhi syarat untuk melakukan apa yang dapat saya lakukan dengan...uh...dengan Covid. Permisi, dengan, berurusan dengan semua yang harus kami lakukan dengan...uh...lihat."

Setelah jeda singkat, dia kemudian berkata: “Kami akhirnya mengalahkan Medicare” sebagai komentar terakhirnya.

Medicare adalah program kesehatan masyarakat di AS, mirip dengan Medicare di Australia, dan bukan sesuatu yang ingin “dikalahkan” oleh Partai Demokrat.

"Dia benar. Dia memang mengalahkan Medicare,” jawab Trump yang langsung melontarkan kesalahan fatal Biden.

“Dia memukulinya sampai mati dan menghancurkan Medicare," lanjut Trump yang terus menyerang.

“Karena semua orang ini datang (para imigran)—mereka memasukkan mereka ke dalam Medicare, mereka memasukkan mereka ke dalam jaminan sosial. Orang ini akan menghancurkan jaminan sosial sendirian," papar Trump.

Meskipun Biden sempat mengalami beberapa kali reaksi terhadap Trump yang berkinerja kuat, dia juga mengalami momen-momen lain di mana dia gagal dalam menyampaikan garis dan angka.

Salah satu momen tersebut adalah jawaban dari Biden mengenai imigrasi.

“Saya telah mengubah cara pandang bahwa sekarang Anda berada dalam situasi di mana 40 persen lebih sedikit (orang) yang melintasi perbatasan secara legal, terutama ketika (Trump) meninggalkan jabatannya, untuk melanjutkan momen ini sampai kita mendapatkan larangan total, dibandingkan dengan apa yang akan kita lakukan dengan lebih banyak Patroli Perbatasan," katanya.

Trump kemudian berkata: "Saya benar-benar tidak tahu apa yang dia katakan pada akhir pembicaraan ini."

Namun Biden juga telah memberikan beberapa "pukulan" pada Trump.

Trump mengeklaim bahwa Biden tidak peduli dengan para veteran AS.

“Setiap hal yang dia katakan adalah kebohongan. Semuanya,” kata Biden, yang mendiang putranya adalah seorang veteran perang.

“Anak saya menghabiskan satu tahun di Irak, tinggal di dekat salah satu lokasi kebakaran, dan kembali menderita gleblastoma stadium 4," ujarnya.

“Saya baru-baru ini berada di Prancis untuk D-Day. Saya berbicara semua tentang para pahlawan yang gugur. Saya pergi ke pemakaman Perang Dunia I yang dia tolak," kata Biden.

“Dia tidak mau pergi ke sana karena mereka adalah sekelompok pecundang dan bodoh," balas Biden.

“Anak saya bukanlah seorang pecundang atau bodoh. Andalah yang pecundang. Andalah yang bodoh.”

Trump mengeklaim kutipan Biden tersebut “dibuat-buat”.

Topik Menarik