Chef Expo 2024 Makin Seru, Ada Kategori Baru

Chef Expo 2024 Makin Seru, Ada Kategori Baru

Gaya Hidup | sindonews | Sabtu, 4 Mei 2024 - 21:07
share

JAKARTA - Indonesia Chef Association (ICA) kembali menggelar event bergengsi, Chef expo 2024 di Jiexpo Kemayoran pada 8 - 11 Mei 2024.

Event yang digelar untuk kelima kalinya ini akan dimeriahkan oleh Chef-Chef handal dengan latar belakang kuliner, baik chef professional, chef selebriti maupun otodidak yang menjadi favorit masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Edan! Membuat Bola Nasi Kepal Pakai Ketiak Wanita Tren di Jepang, Rasanya Disebut Enak

Sebut saja Chef Juna, Chef Vindex Tengker, Chef Degan, Chef Yongki Gunawan, Chef resto dan hotel nasional, hingga para alumni ajang kompetisi masak tv nasional, Mama Rieta dan lainnya.

Chef Slamet Jarwanto, Ketua Panitia Chef Expo 2024 memastikan akan menyuguhkan sesuatu yang berbeda di penyelenggaraan kelimanya ini. Salah satunya, ada tambahan kategori baru untuk penilaian pemenang.

Jika di tahun-tahun sebelumnya hanya ada kategori Chef Of The Year dan Life Time Achievement, tahun ini ditambah dengan kategori Most Inovated Product And Exelent Service.

“Indonesian Culiner Award, selama ini kita memberikan kategori chef of the year sama life time achievement. Tapi tahun ini kita memberikan sebuah kategori baru, untuk produk support kuliner, jadi kita membuka satu kategori baru yaitu most inovated product and exelent service,” ujar Chef Slamet, saat jumpa pers di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu, (4/5/2024).

“Itu kita berikan kepada beberapa produk yang berhubungan dengan kuliner, tiap tahun nanti kita akan seleksi siapa yang pantas mendapatkan,” ucap dia lagi.

Chef Slamet menjelaskan sejumlah kriteria utama untuk para pemenang kategori tersebut. Salah satunya, para pelaku industri kuliner yang benar-benar ingin berkontribusi untuk memajukan kuliner Indonesia dan harus warga negara Indonesia (WNI).

“Yang jelas kriteria yang paling utama itu adalah chef Indonesia alias harus asli orang Indonesia, kita nggak memberikan kepada expact. Memang kita memberikan satu syarat utama itu,” ungkapnya.

“Kemudian karena kita punya satu visi misi untuk menduniakan kuliner Indonesia, apa pun yang kita lakukan tidak lepas untuk melestarikan kuliner Indonesia, kita juga berusaha untuk mengajak mereka untuk berkontribusi terhadap pelestarian kuliner di Indonesia,” tutur dia lagi.

Selain itu, nantinya para pemenang kategori juga dinilai berdasarkan kepopuleran mereka di media sosial sebagai seorang yang memiliki ketertarikan hingga kontribusi di dunia kuliner Tanah Air.

“Kemudian kita juga mengukur dari media sosialnya. Jadi kita mengukur tingkat popularitas yang tanda kutip positif. Kita berharap di tahun kelima ini bisa memberikan sesuatu yang berbeda,” paparnya.

Chef Juna menyampaikan bahwa dia akan tampil melakukan demo cooking di hari pertama Chef Expo 2024 yang akan dibuka oleh Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi.

Terdapat beragam tenant kebutuhan F&B lengkap dari industri besar maupun UMKM yang juga berpartisipasi dalam event ini.

Rangkaian kegiatan yang paling ditunggu pengunjung maupun pelaku kuliner adalah ajang lomba masak maupun dekorasi yang diikuti oleh peserta baik dari chef professional, sekolah kuliner maupun otodidak selama pelaksanaan expo berlangsung.

Dan salah satu kategori lomba yang selalu ramai ditunggu adalah Black Box challenge, lomba masak kompetisi yang diikuti chef professional maupun chef selebrity nasional handal, juga menghadirkan juri chef Vindex dan senior chef professional nasional lain sebagai juri yang akan dihadirkan di hari terakhir expo.

Demo cooking untuk melestarikan kuliner Indonesia juga akan dilakukan selama 4 hari oleh Chef Yongki Gunawan, Sisca Soewitomo, Chef Ragil , Don Chino, Chef Mutho dan beberapa jebolan kompetisi memasak yang setiap tahun digelar oleh salah satu stasiun Televisi Nasional.

Baca juga: 7 Makanan yang Menyehatkan Rahim, Tingkatkan Peluang Hamil

Event ini ditargetkan dikunjungi oleh sekitar 12.000 orang selama 4 hari pehelatan digelar. Slamet Jarwanto optimis target terpenuhi mengingat ini adalah tahun kelima berlangsungnya Chef Expo dan selama ini selalu membuat masyarakat umum dan pelaku industri kuliner antusias menikmati event ini.

Hal itu didukung penuh oleh PT Wakeni selaku event organizer pameran IISM dan Food & Beverage Indonesia yang digelar berkolaborasi dengan ICA Chef Expo 2024, seperti diungkapkan oleh Carolyn Budiana selaku Project Manager PT Wakeni.

Topik Menarik