Apa Keutamaan dan Amalan Bulan Rajab? Ini Kata Ustadz Adi Hidayat

Apa Keutamaan dan Amalan Bulan Rajab? Ini Kata Ustadz Adi Hidayat

Seleb | BuddyKu | Jum'at, 27 Januari 2023 - 08:26
share

MEMASUKI bulan Rajab 1444 Hijriah yang jatuh pada hari Senin 21 Januari 2023, ada beberapa keutamaan serta amalan yang bisa dikerjakan. Ini akan menambah pahala serta keimanan umat Islam.

Bulan Rajab merupakan satu dari empat bulan yang dimuliakan yakni Al-Asyhur Al-Hurum karena beberapa kemuliaan yang terkandung di dalamnya.

Artinya: "Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah 12 bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauh Mahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada 4 bulan haram." (QS At-Taubah (9) Ayat 36)

Info grafis bulan Rajab. (Foto: Okezone)

Berikut ini keutamaan dan amalan bulan Rajab, sebagaimana dijelaskan dai muda Ustadz Dr Adi Hidayat Lc MA dalam tausiyah di kanal YouTube-nya, dikutip Okezone pada Jumat (27/1/2023).

Rajab secara bahasa berarti sesuatu yang diagungkan. Pada masa tersebut orang-orang jahiliyah pun, khususnya Suku Mudhar, menjaga keagungan di bulan Rajab. Rajab termasuk 4 bulan mulia yang ditegaskan dalam Alquran dengan nama Al-Hurum.

"Bahkan untuk menjaga bulan ini orang-orang jahiliyah masa itu sepakat untuk tidak bertikai atau berperang dan berusaha untuk mengevaluasi kegiatan-kegiatan sehingga melahirkan harmoni dalam kehidupan sosial," ungkap Ustadz Adi Hidayat.

Bila telah masuk di bulan-bulan mulia itu Allah Subhanahu wa Ta\'ala menegaskan pesan yang kuat kepada umat manusia, jangan sampai berbuat zalim pada bulan-bulan tersebut.

Pemaknaan itu diterangkan oleh sahabat mulia Ibnu Abbas Radhiyallahu taala anhuma yang menurutnya pada bulan tersebut adalah bulan tempat berlatih menunaikan amalan-amalan mulia, menjauhi perbuatan yang kontraproduktif.

Berbuat maksiat pada bulan-bulan tersebut akan dibalas dengan lebih berat. Begitupun orang berbuat ketaatan akan mendapat pahala lebih banyak (Al-Razi, Mafatih al-Ghaib, juz 16, halaman 53).

Amalan-Amalan di Bulan Rajab

Terkait keutamaan bulan-bulan mulia, khususnya bulan Rajab , di antara kemuliaan yang dimaksud banyak iringan-iringan amal salih yang mungkin bisa dikerjakan.

Dikarenakan ayat atau haditsnya tidak merinci apa saja yang bisa dikerjakan, hal ini memberikan petunjuk umum untuk melaksanakan amalan-amalan baik di bulan Rajab.

Maka para ulama memperkenankan untuk memperbanyak amal salih, di antaranya:

1. Meningkatkan sholat fardhu, kemudian ditambah amalan sholat sunnah.

2. Meningkatkan amalan lewat harta, misalnya bersedekah atau infaq, bahkan juga bisa dengan pengetahuan. Di era media sosial seperti saat ini bisa membagikan suatu hal yang bermanfaat atau ayat-ayat yang memotivasi yang dapat melahirkan pahala yang berlipat di bulan mulia.

3. Mencoba meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dilarang, seperti maksiat.

4. Mencoba menanggalkan perbuatan atau pikiran negatif dari pandangan, pendengaran, lisan bahkan sampai ke ujung kaki.

5. Menyudahi perselisihan.

6. Memperbanyak puasa.

Wallahu a\'lam bisshawab .

Topik Menarik