10 Daftar Film Horor Indonesia Terbaik 2022, Terseram Sepanjang Masa

10 Daftar Film Horor Indonesia Terbaik 2022, Terseram Sepanjang Masa

Seleb | BuddyKu | Sabtu, 17 Desember 2022 - 14:38
share

BATU, iNews.id - Sudah sejak lama film horor Indonesia menjadi tontonan yang menarik buat beberapa pencinta kisah seram. Terlebih lagi jika melihat film horor di bioskop. Layar lebar dan sound yang ditawarkan dari bioskop akan membuat seolah-olah kamu berada di dalam ceritanya.

Bukan hanya itu, film horor Indonesia juga punya tampilan yang makin baik dari tahun ke tahun. Tidak heran jika beberapa judul film horor produksi Indonesia bisa diterima di berbagai negara. Salah satunya adalah film Pengabdi Setan yang dirilis pada 2017 lalu sempat ditayangkan di Amerika Serikat dan menjadi film horor Indonesia dengan penonton kedua terbanyak sepanjang masa.

Tahun 2022 juga masih jadi tahun yang baik untuk sederet film dengan jenis horor. Untuk kamu yang doyan dengan cerita seram dan mencekam, daftar film horor di bawah ini tentunya penting untuk disimak.

Rekomendasi Film Horor Indonesia 2022

Sejumlah film horor sudah dan akan ditayangkan di bioskop. Beberapa judul lainnya bisa disaksikan di layanan streaming berbayar. Yuk, cek film horor Indonesia apa yang masuk jajaran wajib tonton di bawah ini:

1. Pengabdi Setan 2

Melanjutkan film Pengabdi Setan yang tayang pada 2017 lalu, sekuelnya masih membawa kengerian yang sama. Pemain dalam film ini juga masih sama dengan film pertamanya. Dalam film horor ini, terkuak kembali rahasia lain dalam keluarga si Ibu.

Joko Anwar, si sutradara, sengaja membuat film ini terasa sangat nyata. Proses pembuatannya benar-benar menggunakan gedung yang tidak digunakan kembali selama bertahun-tahun. Biarpun sudah pasti akan menghadirkan kengerian level tinggi, cerita yang tersimpan di dalamnya tetap membuat beberapa pencinta horor penasaran.

2. KKN di Desa Penari

Film horor ini diambil dari kisah nyata yang sempat viral di media sosial. Ceritanya juga dijadikan novel dan dibuatkan film layar lebarnya. Tidak heran jika filmnya pun langsung menyedot perhatikan saat dirilis pada April 2022 lalu.

Cerita film ini mengangkat sekumpulan mahasiswa yang menjalani kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah desa. Setiap mahasiswa itu merasakan pengalaman mistis yang berbeda-beda. Hingga beberapa mahasiswa harus berurusan dengan penunggu desa yang merupakan sosok makhluk halus.

3. Qodrat

Film Qodrat sebagai salah satu pilihan horor Indonesia yang tayang di bioskop pada 2022 ini. Film ini juga menjadi debut dari pasangan Vino G. Bastian dan Marsha Timothy dalam memainkan film horor. Qodrat mengangkat kisah yang cukup dekat dengan sebagian besar masyarakat Indonesia, loh.

Film ini mengambil layar di sebuah pesantren yang sering mengalami gangguan mistis. Masyarakat di wilayah pesantren sering alami gagal panen sampai santri yang kesurupan. Jalan yang dilakukan oleh pemuka agama di sana adalah melakukan ritual pengusiran jin.


Menjelang Maghrib. (okezone.com)

4. Menjelang Maghrib

Film yang ini menjadi pilihan yang harus tonton. Menjelang Maghrib terinspirasi dari kisah nyata yang menggabungkan kebudayaan dan kisah-kisah mistis yang dipercaya oleh warga Indonesia.

Film Menjelang Maghrib mengangkat kisah pasien gangguan jiwa yang dipasung di sebuah pondok kecil. Ini dilakukan karena pasien ini sering mengalami gangguan dan bertingkah aneh setiap menjelang Maghrib. Sering tindakannya juga membawa bahaya untuk orang lain dan dirinya sendiri.

5. The Doll 3

Ritual pemanggilan arwah menjadi dasar dari cerita The Doll 3 ini. Cerita bermula dari pria yang memutuskan untuk bunuh diri karena alami trauma. Kakak dari pria tersebut masih belum terima akan kematian adiknya dan berencana menghidupkan kembali adiknya dalam sebuah boneka.

Sayangnya, kehadiran boneka itu malah menjadi malapetaka untuk orang-orang yang ada di sekitar kakaknya. Satu per satu orang yang ada dekat dengan kakaknya dibunuh secara keji. Nah, buat yang penasaran, film horor ini bisa disaksikan di layanan streaming Netflix.

6. Pamali

Istilah pamali sudah sangat tidak asing kembali di masyarakat Indonesia. Melanggar adat dan kepercayaan di sebuah wilayah dapat membawa petaka untuk mereka yang melakukannya. Kisah berikut yang diangkat dalam film yang berjudul Pamali yang tayang di bioskop pada Oktober 2022.

Ceritanya mengangkat sebuah keluarga yang memutuskan untuk pindah ke sebuah desa dan memulai hidup baru. Sayang, mereka tanpa sengaja telah melanggar adat dan kepercayaan yang ada di tempat itu. Hal inilah yang membuat keluarga itu diburu oleh makhluk halus.

7. Inang

Cerita seram bisa juga kamu dapatkan dalam film berjudul Inang. Film ini juga tayang pada Oktober 2022. Kisahnya mengangkat seorang perempuan bernama Wulan yang hamil.

Masalah pertama yang dihadapinya ialah ditinggal oleh pasangannya. Lalu, Wulan juga dibantu oleh keluarga yang berniat mengadopsi anak itu setelah lahir nanti. Sayangnya, ada niat jahat yang direncanakan oleh keluarga itu ke sang bayi.

8. Jailangkung: Sandekala

Masih seputar pemanggilan arwah, kisah hantu jailangkung sudah cukup populer di masyarakat Indonesia. Horor tersebut yang diangkat dalam film Jailangkung: Sandekala yang berkisah tentang pasangan suami istri dengan orang anak perempuan.

Keluarga ini lagi ada dalam perjalanan menuju sebuah kota. Sampai pada suatu saat, salah satu anaknya menghilang tanpa tanda. Pasangan ini juga malah menemukan boneka jailangkung dan menggunakannya untuk mencari anak mereka yang hilang.

9. Kalian Pantas Mati

Film ini sebagai adaptasi dari film horor asal Korea berjudul Mourning Grave. Film ini bercerita tentang seorang siswa SMA yang mampu berkomunikasi dengan makhluk halus. Biasanya, makhluk halus yang datang menyapanya meminta bantuan. Hingga di suatu hari ia bertemu dengan roh perempuan di sekolahnya.

Roh ini meminta bantuannya untuk mengembalikan ingatannya. Ketika yang bersamaan, ada roh jahat yang memberikan teror di sekolah. Ini membuat harus berjuang untuk mengungkap kisah misteri di sekolahnya.

10. Keramat 2

Film horor ini sebagai sekuel dari Keramat yang dirilis pada 2009 silam. Sama dengan film sebelumnya, Keramat 2 menjadi film horor dokumenter. Keunikan lainnya, semua pemain menggunakan nama mereka sendiri agar seolah-olah mereka benar-benar mengalami kejadian itu.

Ceritanya mengangkat sekumpulan mahasiswa yang ingin melakukan tugas akhir ke sebuah. Tetapi, perjalanan mereka jadi tidak terkendali karena ada seorang yang memiliki rencana mistis. Untuk kamu yang penasaran dengan ceritanya, Keramat 2 dijadwalkan tayang pada November 2022 di bioskop semua Indonesia.

Itu dia deretan film horor Indonesia yang dapat ditonton sepanjang 2022 ini. Kamu bisa mulai mendatangi bioskop kesayangan untuk mengikuti cerita mistis yang ada di dalamnya. Kamu dapat membeli tiketnya dengan menggunakan saldo LinkAja supaya lebih praktis.

Topik Menarik