5 Film Luar Negeri Tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT)

5 Film Luar Negeri Tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT)

Berita Utama | BuddyKu | Sabtu, 15 Oktober 2022 - 14:35
share

Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) bukan lagi menjadi masalah baru yang muncul di tengah masyarakat. Perilaku ini telah tumbuh sebagai cara yang menyakiti secara fisik, memancing rasa takut, mencegah seseorang melakukan apa yang mereka inginkan, hingga hal paksaan lainnya.

Mempertimbangkan betapa umumnya kekerasan dalam rumah tangga, masuk akal banyak pembuat film membahas masalah ini. Ada garis tipis antara memperhatikan masalah dan mengeksploitasinya. Oleh karena itu, ini 5 film luar negeri tentang KDRT!

1. A Vigilante (2018)

film kekerasan dalam rumah tangga
A Vigilante (2018). (Imdb)

FIlm ini menceritakan tentang wanita bernama Sadie (Olivia Wilde), seorang penyintas kekerasan dalam rumah tangga yang menghabiskan waktunya untuk menemukan dan menghukum pelaku kekerasan.

Pada saat yang sama, dia melacak pelaku kekerasan terhadap dirinya, yakni mantan suaminya sendiri. Tetapi itu hanya menjadi fantasi balas dendam. Sadie hanya dapat menemukan pelaku kekerasan yang hidup dengan mudah dan bebas.

2. Gerald's Game

film kekerasan dalam rumah tangga
Gerald\'s Game (2017). (Imdb)

Diadaptasi dari buku Stephen's King dengan judul yang sama, film ini sedikit berbeda karena ada genre horror supernatural di dalamnya. Jessie menjadi karakter yang ada di dalam film tersebut.

Penjahat sebenarnya dalam cerita ini sangat manusiawi dan sangat dekat dengan Jessie, tokoh utama di film tersebut. Salah satunya adalah suaminya, Gerald yang sebenarnya sudah meninggal di awal film.

Film ini lebih dari sekadar thriller menegangkan. Lebih jelasnya, film ini menjadi metafora yang kuat dari efek kekerasan dalam rumah tangga dan pelecehan, tidak peduli berapa lama itu terjadi atau seberapa banyak dilakukan.

3. Berlin Syndrome (2017)

film kekerasan dalam rumah tangga
Berlin Syndrome (2017). (Imdb)

Berlin Syndrome menceritakan tentang Clare yang bertemu dengan Andi saat berada di Jerman dan mereka menikmati one-night stand (satu malam bersenggama). Namun, keesokan harinya Andi sudah pergi dan mengunci Clare di apartemennya.

Awalnya momen itu dikira kecelakaan, tapi pada nyatanya itu adalah bagian dari kekerasan dalam rumah tangga. Film ini memperlihatkan bagaimana perubahan perilaku terjadi akibat kekerasan dalam rumah tangga serta pelecehan.

4. Dangerous Intentions (1995)

film kekerasan dalam rumah tangga
Dangerous Intentions (1995). (Imdb)

Film lawas yang satu ini juga mendeskripsikan tentang kekerasan dalam rumah tangga. Membahas tentang kekerasan rumah tangga di tahun 1970-an dan genre ini masih dianggap baru pada tahun 1995.

Diduga film ini diangkat dari kisah nyata yang menceritakan tentang seorang wanita berurusan dengan suaminya yang kasar, orang tua yang tidak mempercayainya dan sistem hukum yang tidak melindunginya.

Ini menjadi salah satu film yang menarik untuk ditonton karena sedikit lebih tua, tetapi juga menggambarkan masalah yang masih terjadi sampai sekarang, seperti menyalahkan korban.

5. Private Violence (2014)

film kekerasan dalam rumah tangga
Private Violence (2014). (Imdb)

Film ini bertema dokumenter yang berfokus pada pembela keadilan dan penyintas kekerasan dalam rumah tangga yang diwakilinya. Terlepas kenyataan bahwa suami Deanna menculiknya (bersama putri mereka) dan memukulnya begitu parah.

Momen itu bahkan membuat dokter yang menangani Deanna dan putrinya ketakutan sedangkan suaminya tidak segera ditangkap. Film ini diangkat dari kisah advokat Kit Gruelle, yang merupakan penyintas kekerasan dalam rumah tangga.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik