Efisiensi Lahan, Dosen Fabio Kenalkan Budi Daya Lobster dalam Ember yang Diapungkan

Efisiensi Lahan, Dosen Fabio Kenalkan Budi Daya Lobster dalam Ember yang Diapungkan

Terkini | purwokerto.inews.id | Sabtu, 12 Oktober 2024 - 11:20
share

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Dalam upaya meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam sektor budi daya perikanan, dosen Fakultas Biologi Unsoed melaksanakan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang bertajuk Budidaya Ikan di Dalam Ember (Budiklamber) Procambarus clarkii Untuk Efisiensi Lahan Budidaya dengan mitra Kelompok Budi Daya Ikan (Pokdakan) Kedunglesung.

Pokdakan Kedunglesung merupakan kelompok budi daya ikan air tawar dan ikan hias di Kelurahan Sumampir, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, dengan komoditas utama ikan nilem. 

Segmen kegiatan yang dilakukan adalah pembenihan dan pembesaran. Sejak tahun 2023, salah satu anggota kelompok mencoba memelihara lobster hias air tawar Procambarus clarkii namun mengalami berbagai kendala karena adanya keterbatasan pengetahuan dan ketersediaan lahan. Meski demikian, dalam kegiatan tersebut dikenalkan budi daya lobster.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai cara budidaya lobster hias air tawar P. clarkia pada lahan yang terbatas. Dalam pelaksanaan program ini, para dosen Fakultas Biologi Unsoed melakukan serangkaian sesi pelatihan dan diskusi interaktif dengan anggota Pokdakan Kedunglesung.

Melalui dana hibah Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) yang dilaksanakan oleh lima dosen Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, yakni Agus Nuryanto, Dian Bhagawati, Dwi Nugroho Wibowo, Atang dan Sri Lestari. 

 

Tim peneliti melakukan kegiatan pendampingan kepada pokdakan tentang budidaya lobster hias air tawar Procambarus clarkii dengan metode tumpangsari yaitu memelihara dalam ember yang kemudian diapungkan.

"Kegiatan pendampingan dilaksanakan bulan Mei sampai Oktober 2024 di Sekretariat Pokdakan Kedunglesung. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian yaitu partisipatif dan learning by doing. Ada lima tahapan kegiatan yaitu: sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan dan evaluasi, serta keberlanjutan program,"kata Agus, salah satu tim peneliti.

Kegiatan PkM ini merupakan bagian dari komitmen Fakultas Biologi Unsoed dalam mendukung pengembangan potensi lokal melalui peningkatan keterampilan dan pengetahuan masyarakat. Dengan adanya pendampingan ini, diharapkan kelompok budi daya ikan di dapat lebih mandiri dan produktif, serta berkontribusi pada peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

"Kegiatan dapat terealisasi dengan baik dan lancar. Mitra sasaran meningkat pengetahuan dan keterampilannya serta mampu memproduksi benih lobster P. clarckii secara mandiri dan berhasil menularkan ilmunya kepada sesama anggota pokdakan serta berkolaborasi dengan tim pengabdi mendukung program praktisi mengajar pada Program Studi D3 Budi Daya Ikan Fakultas Biologi Unsoed,"tambahnya. 

Topik Menarik